MobilKomersial.com - Kita ketahui bahwa Nissan Navara merupakan mobil pikap kabin ganda (double cabin) yang masuk dalam golongan kendaraan komersial ringan (LCV). Namun, apa jadi jika mobil pekerja tersebut dipersenjatai dengan mesin Nissan GT-R yang memiliki DNA mobil balap (motorsport).

Seorang drifter profesional berkebangsaan Inggris, Steve Baggsy Biagioni bersama tim-nya SB Motorsports telah menghabiskan waktu dua tahun untuk merancang pikap double cabin tersebut dengan dukungan mesin GT-R.

Baca Juga: Ford F-150 Lightning Jadi Truk Listrik 'Pace Car' Pertama Nascar Cup Series

Mengutip Carscoops pada Kamis (9/6/2022), perpaduan antara kedua mobil unggulan Nissan itu telah melahirkan sebuah mobil berukuran besar yang siap menggesek aspal atau nge-drift. Mobil itu dinamai Navara-R.

Keunikan desain ekterior Navara-R ini terlihat berkat bodi kit lebar yang dibuat khusus oleh Sterling Automotive. Kit ini mencakup add-on fender depan dan belakang, ekstensi bumper, splitter depan yang menonjol, dan dua spoiler belakang.

Bodi pikap itu dibungkus dengan gaya mobil balap khusus oleh Fleet Livery Solutions Ltd dalam kombinasi dengan pelek BBS eye-catching berukuran 20 inci yang dibalut dengan ban lengket memastikan bahwa pikap ladder-frame akan siap untuk nge-drift.

Di dalam kabin, tim dirfter SB Motorsports menyematkan roda kemudi baru yang bersumber dari GT-R ditambah dengan kompartemen balap seperti sepasang kursi bucket Sparco, tombol stop-start merah, kluster instrumen digital kecil, dan sistem infotainment Kenwood dengan layar sentuh besar yang menutupi bagian tengah.

Meski memiliki penampilan yang gahar, hasil modifikasi terpenting dan vital tersembunyi dibalik kap mesin dimana mesin diesel dari Nissan Navara telah dilepas dan digantikan dengan mesin VR38DETT milik Nissan GT-R.

Baca Juga: Usung Mesin V6 Twin-turbo, Toyota GR Hilux Siap Bertarung di Reli Dakar 2022

Mesin V6 twin-turbo milik GT-R yang kini dikenal dengan mesin VR41 memiliki kapasitas mesin yang ditingkatkan sebesar 4.100 cc (4,1 liter). Kendati demikian, mesin tersebut telah menghasilkan tenaga yang super besar mencapai 1.000 dk. Tenaga itu ditransmisikan ke penggerak semua roda (AWD) transmisi kopling ganda yang dirancang oleh Dodson Motorsport.

Pikap satu ton Nissan ini dikenal dengan kredensial off-roadnya. Namun, Navara-R menerima perombakan sasis untuk tampil terbaik di lintasan. Lebih khusus lagi, ia dilengkapi dengan subframe dari GT-R, dengan turret suspensi yang dibuat khusus dan suspensi KW V4 Racing Coilover dengan Sistem Angkat Hidraulik HLS 4. Secara alami, daya henti pikap ini juga telah ditingkatkan dengan rem RC6 dan RC4 Alcon Specialist.

Hal menarik lainnya adalah mobil pikap double cabin yang telah dimodifikasi sedemikian rupa ini bukanlah satu-satunya. Dilansir Top Gear, tim SB Motorsports telah menerima pesanan dari para penggemar yang bersedia membayar sekitar 250.000 poundsterling atau setara dengan Rp4,5 miliar.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa kendaraan tersebut tetap legal di jalanan perkotaa, meskipun SB Motorsports tidak menyarankan untuk menggunakannya sebagai kendaraan harian.

Sebelumnya mesin Nissan GT-R ini juga pernah disematkan kedalam Nissan Juke dan membuahkan model Juke-R, akan tetapi SB Motorsports mengklaim bahwa perpaduan antara mesin GT-R dan pikap pekerja Nissan Navara yang melahirkan model Navara-R akan jauh lebih ekstrim.

Baca Juga: Mengenal Truk Peterbilt 379, Truk Ikonik 'Optimus Prime'

Share :

Mitsubishi Colt L300 Masih Impor Dari Filipina, Begini Penjelasan MMKSI

Meski diputuskan untuk masih mengimpor dari Negara Lumbung Padi Asia, MMKSI optimis dan percaya bahwa ketersediaan stok New Colt L300 ini akan tetap terjaga sehingga customer bisa memesannya tanpa khawatir adanya inden yang cukup lama.

Read More
Ford Rilis F-150 Heritage Edition 2023, Rayakan Hari Jadi Ke-75 Tahun F-Series

Ford akan mulai menerima pesanan untuk F-150 Heritage Edition 2023 pada pertengahan Juli, ketika mereka juga berencana mengumumkan detail harga.

Read More
Gendong Mesin Baru, Mitsubishi Targetkan New Colt L300 Terjual 30.000 Unit Per Tahun

Pikap legendaris L300 ini sudah mematuhi standar emisi Euro 4 dengan mesin baru berkode 4N14 DOHC 4-silinder segaris, direct injection, intercooler common-rail turbocharger berkapasitas 2.286cc.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler