MobilKomersial.com - Oli merupakan zat yang berfungsi untuk melumasi setiap komponen pada kendaraan bahkan hingga partikel-partikel kecil dalam mesin mobil dan motor. Untuk itulah, oli mesin perlu diganti secara berkala, karena kualitas oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam.

Namun, saat ingin mengganti oli mobil, terkadang masih tertinggal oli kotor yang ada endapan dan kerak-kerak oli yang menempel pada bagian mesin. Hal seperti ini tidak bisa dianggap sepele, sebab sisa-sisa kotoran tersebut akan mempengaruhi kinerja dan performa mesin kendaraan.

Baca Juga: Formulasi Canggih Oli Wealthy Ultimax Bikin Performa Mesin Mobil Lebih Optimal

Untuk mengatasi itu dibutuhkan yang namanya pengurasan oli dengan menggunakan engine flush. Sejatinya engine flush merupakan cairan atau chemical yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan merontokkan kerak-kerak oli yang menempel pada mesin mobil.

Kotoran dan kerak oli ini sendiri terbentuk akibat proses oksidasi pada oli yang terjadi di ruang bakar. Proses oksidasi inilah yang kemudian meningkatkan penguapan oli dan terbakar akibat suhu mesin sehingga terbentuklah kotoran dan kerak oli pada ruang mesin mobil.

Kendati demikian, dalam memilih engine flush juga harus memperhatikan juga kualitas dan keamanannya untuk mesin mobil. Pasalnya, salah memilih cairan engine flush dapat menimbulkan kerusakan pada mesin mobil. Misalnya, cairan yang terlalu asam dapat merusak seal mesin mobil.

Baca Juga: Oli Wealthy Apogeo, Bikin Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Salah satu produk engine flush yang dapat dipercaya adalah produk keluaran PT Welty Indah Perkasa (Wealthy) yang memiliki formula yang ampun dan berkualitas untuk menjaga mesin mobil tetap optimal.

"Engine Flush ini mempunyai formula yang dapat bereaksi cepat dan mampu mencapai jalur-jalur oli terkecil," ungkap CEO Wealthy, Arief Hidayat kepada MobilKomersial.com di Jakarta, baru-baru ini.

Arief membeberkan bahwa keunggulan lain dari Wealthy Engine Flush ini dapat membersihkan saluran oli dalam mesin dan memperpanjang umur pemakaian mesin serta dapat mengurangi emisi gas buang yang berbahaya.

Baca Juga: Wealthy Radiator Coolant Hybrid Mampu Cegah Overheat pada Mesin Mobil

"Dengan Wealthy Engine Flush, endapan dan kerak-kerak oli di bagian paling dalam mesin bisa dibersihkan sehingga pelumasan akan berjalan normal kembali. Jika digunakan secara teratur, formula ini dapat merawat seluruh sistem injeksi dari kontaminasi, mencegah karat dan kondensasi," papar Arief Hidayat.

Berisi 175 hingga 300 ml, tiap botol Wealthy Engine Flush bisa digunakan untuk mesin berkapasitas hingga 2.000 cc atau sekitar 4 liter oli. Menurutnya, formula ini juga sangat cocok untuk mesin diesel dan bensin.

"Formula ini juga akan membuat mesin lebih awet dan sangat cocok untuk mesin diesel dan bensin dengan atau tanpa katalis dan turbo charger. Untuk hasil terbaik, bisa dilakukan engine flush setiap interval ganti oli rutin pada 10 ribu km agar mesin awet dan terawat," jelasnya.

Pria penyandang gelar Master di bidang Teknik Industri Otomotif ini juga menjelaskan bahwa kotoran dan kerak oli yang menumpuk di ruang mesin mobil tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan, tapi juga membuat mobil lebih boros bahan bakar. Hal ini dikarenakan kotoran yang beredar di seluruh mesin dapat menyebabkan kerusakan oli dan peningkatan viskositas.

Baca Juga: Jaga Mesin pada Efisiensi Terbaik, Begini Cara Tepat Bersihkan Mass Air Flow Sensor

"Oli dengan viskositas yang lebih tinggi akan membutuhkan lebih banyak energi untuk bersirkulasi ke seluruh mesin. Inilah yang menyebabkan mobil menjadi boros bahan bakar. Dengan membersihkannya menggunakan engine flush akan membuat mobil lebih hemat bahan bakar," pungkasnya.

Share :

Berikan Perlindungan Maksimal, Oli Motor Matik Wealthy Vigorous Bisa Digunakan sampai 5.000 KM

Memilih oli untuk motor matik tidak boleh asal-asalan, pemilihan oli yang sesuai bisa membuat performa motor menjadi lebih baik seperti oli motor Vigorous 10W-30 dari Wealthy yang dapat digunakan untuk motor matik.

Read More
Wealthy Punya Wiper Berteknologi Suspension Plasma, Begini Keunggulannya

Bernama Wealthy SP Hydrosoft, wiper ini menggunakan bahan karet alami yang menjadikannya lebih berkualitas dan memberikan jaminan untuk bertahan hingga jutaan hapusan. Dimana secara umum, wiper yang ada di pasaran memiliki durabilitas maksimal hingga 200.

Read More
Cairan Wiper Dari Wealthy Ini Jadi Solusi Sempurna Bagi Kaca Mobil

Cairan wiper ini untuk menyapu kotoran yang ada di kaca depan ataupun belakang mobil. Untuk menghasilkan bilasan wiper yang benar-benar sempurna, pemilik kendaraan wajib pintar dalam menggunakan cairan yang kandungannya tidak merusak sistem elektrik wiper

Read More