MobilKomersial.com - Damri, sebagai Perusahaan Otobus (PO) yang telah menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia ini terus menunjukkan komitmennya dalam menjamin kebutuhan masyarakat akan transportasi darat.

Kali ini, Damri resmi meningkatkan mobilitas transportasi di Provinsi paling Barat di Indonesia, Aceh, dengan melayani beberapa rute bus perintis yang berada di kawasan 3 TP (Terdepan, Terluar, Terpencil, dan Perbatasan).

Baca Juga: Simak Syarat Perjalanan Terbaru Naik Bus Damri

Plt. Corporate Secretary Damri, Siti Inda Suri mengatakan bahwa layanan perintis Damri di sejumlah wilayah menjadi andalan dan selalu dinantikan. Tidak hanya mendukung konektivitas dan logistik, namun juga menjadi penunjang destinasi pariwisata di Indonesia.

"Damri terus mendukung layanan angkutan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya guna menjalankan fungsinya sebagai “agent of development” dalam meningkatkan pengembangan wilayah tersebut," ujarnya dalam keterangannya, Jum'at (27/5/2022).

Adapun rute bus perintis Damri untuk wilayah Aceh adalah sebagai berikut:

Rute Jam Keberangkatan Tarif
Cot Ba’u - Iboih 06.00 - 12.45 WIB Rp 4.000,-
Kota Kuala Simpang - Kota Selamat 07.30 - 16.00 WIB Rp 7.000,-
Kuta Cane - Muara Situlen 06.20 - 14.30 WIB Rp 2.000,-
Meulaboh - Alue Peunyaring 06.30 - 13.10 WIB Rp 2.000,-
Meulaboh - Mugo Rayeuk 06.30 - 14.10 WIB Rp 2.000,-
Panton Labu - Bantayan 06.00 - 12.45 WIB Rp 1.000,-
Sinabang - Sibigo 09.00 - 14.00 WIB Rp 15.000,-
Simpang 4 Kota Fajar - Manggamat 06.00 - 12.45 WIB Rp 3.000,-
Terminal Tipe B (Bireun) - Peusangan 06.00 - 12.15 WIB Rp 2.000,-
Terminal Tipe A Langsa - Trom 06.00 - 12.45 WIB Rp 1.000,-

Untuk beberapa rute tersebut, Damri mengoperasikan 10 unit armada bus merek Hino dan Hyundai berkapasitas 24 penumpang yang dipastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat wilayah Aceh khususnya di kawasan pedalaman untuk menikmati transportasi darat yang aman, nyaman, dan terjangkau.

“Dengan spesifikasi dan kapasitas angkut tersebut kiranya armada ini dapat memperlancar transportasi dan konektivitas di Provinsi Aceh,” tambah Siti Inda Suri.

Baca Juga: Damri Buka Trayek Dari dan Menuju Candi Borobudur, Jawa Tengah

Lebih lanjut, Siti Inda menegaskan bahwa Damri akan terus menghadirkan layanan perintis di seluruh pelosok Indonesia guna menjamin kebutuhan masyarakat akan transportasi darat.

"Transportasi yang berkelanjutan (sustainable transport) menjadi harapan besar Damri untuk dapat mewujudkan sistem terbaik dalam Perusahaan, salah satunya dengan menciptakan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, daerah maupun BUMN,” tegasnya.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Provinsi Aceh yang kembali mempercayakan Damri untuk mengoperasikan 10 unit armada perintis tersebut. Terlebih pengoperasiannya untuk melayani angkutan perintis di pedalaman Aceh,” tutup Siti Inda Suri.

Baca Juga: Perluas Konektivitas, Damri Sediakan 4 Rute Pariwisata di Bukit Tinggi

Share :

Spanyol Akan Gunakan Bus Listrik Bertingkat Irizar Sebagai Kendaraan Umum

Irizar Group memproduksi model bus listrik Irizar Trem dengan panjang 18 meter bertingkat, bus menggunakn fitur pantograf dan dibekali pengisian daya plug-in pintar di garasi atau Jema Energy, baterai yang digunakan berkapasitas 630 kWh.

Read More
Volvo Kenalkan Platform Bus Coach Baru, Pangkas 9% Biaya Bahan Bakar

Peluncuran platform bus baru ini sejalan dengan visi dari Volvo Group yang telah berkomitmen kuat terhadap era keberlanjutan khusus dalam mengurangi tingkat emisi secara total

Read More
Mulai 2023, Bus Listrik Mercedes-Benz eCitaro Bakal Disuntik Sel Bahan Bakar Hidrogen

Sel bahan bakar akan berfungsi untuk memperpanjang jangkauan dan tidak berfungsi sebagai sumber energi utama.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler