MobilKomersial.com - Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi darat, Damri, telah menetapkan syarat perjalanan terbaru bagi pelanggan yang ingin berpergian menggunakan bus Damri.

Hal itu sejalan dengan keluarnya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 54 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 18 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Damri Buka Trayek Dari dan Menuju Candi Borobudur, Jawa Tengah

Plt. Corporate Secretary Damri, Siti Inda Suri mengungkapkan telah menyambut baik putusan dari pemerintah Indonesia tentang syarat perjalanan melalui transportasi darat tersebut.

"Dengan syarat terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan per 18 Mei 2022, diharapkan hal ini mampu meningkatkan kembali animo masyarakat dalam menggunakan transportasi darat, tentunya dengan harapan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (25/5/2022).

Dengan berlakunya SE tersebut, beberapa persyaratan perjalanan yang harus dipatuhi oleh seluruh Pelaku Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) dengan transportasi darat, di antaranya;

Pertama, pelanggan Damri wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi setiap melakukan perjalanan dalam negeri, bagi yang tidak memiliki smartphone pendukung aplikasi PeduliLindungi, maka dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kedua, pelanggan yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Terakhir, pelanggan Damri yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Untuk pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19.

"Namun, bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, serta wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19," papar Siti Inda.

Baca Juga: Dukung KTT G20, Bus Listrik Merah Putih Buatan ITS Rampung pada Oktober 2022

Lebih lanjut, Siti Inda Suri menuturkan bahwa terbitnya peraturan terbaru Pemerintah membuat Damri telah mengantisipasi tingginya lalu lintas perjalanan darat yang akan terjadi. "Salah satunya dengan berkoordinasi bersama seluruh stakeholder pemerintah maupun swasta sehingga keberangkatan perjalanan bersama Damri berjalan aman dan lancar," terangnya.

Sementara itu, terkait pernyataan Presiden RI Joko Widodo pada 17 Mei lalu mengenai pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka, Damri tetap mengimbau kepada pelanggan agar tetap menggunakan masker di ruang tertutup dan keramaian.

"Selain itu juga senantiasa mematuhi protokol kesehatan agar tetap terjaganya keamanan, kenyamanan, serta keselamatan para pelanggan Damri dalam menggunakan moda transportasi darat," tutup Siti Inda.

Baca Juga: UGM Luncurkan Bus Listrik Trans Gadjah Mada, Terkoneksi Trans Jogja

Share :

Spanyol Akan Gunakan Bus Listrik Bertingkat Irizar Sebagai Kendaraan Umum

Irizar Group memproduksi model bus listrik Irizar Trem dengan panjang 18 meter bertingkat, bus menggunakn fitur pantograf dan dibekali pengisian daya plug-in pintar di garasi atau Jema Energy, baterai yang digunakan berkapasitas 630 kWh.

Read More
Volvo Kenalkan Platform Bus Coach Baru, Pangkas 9% Biaya Bahan Bakar

Peluncuran platform bus baru ini sejalan dengan visi dari Volvo Group yang telah berkomitmen kuat terhadap era keberlanjutan khusus dalam mengurangi tingkat emisi secara total

Read More
Mulai 2023, Bus Listrik Mercedes-Benz eCitaro Bakal Disuntik Sel Bahan Bakar Hidrogen

Sel bahan bakar akan berfungsi untuk memperpanjang jangkauan dan tidak berfungsi sebagai sumber energi utama.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler