MobilKomersial.com - Volvo Trucks telah kembali berinovasi dengan menjadi produsen truk pertama di dunia yang memperkenalkan penggunaan bahan material baja bebas fosil sebagai sasis truk listrik tugas berat (heavy duty) Volvo.

Diproduksi oleh perusahaan baja Swedia, SSAB, baja bebas fosil itu menggunakan teknologi yang berdasarkan dari hidrogen. Alhasil, penggunaan baja tersebut akan berdampak pada iklim yang jauh lebih rendah daripada baja konvensional.

Baca Juga: Pabrik Baterai Pertama Volvo Trucks Resmi Dibuka

Jessica Sandström selaku Wakil Presiden Senior Manajemen Produk Volvo Trucks mengatakan bahwa baja bebas fosil pertama yang diproduksi dengan hidrogen akan digunakan di rel sasis truk tepatnya pada tulang punggung truk yang merupakan tempat semua komponen utama lainnya dipasang.

Jessica juga menambahkan bahwa seiring dengan meningkatnya ketersediaan baja bebas fosil, baja tersebut akan segera diperkenalkan dan diimplementasikan di bagian truk lainnya.

“Kami akan meningkatkan penggunaan bahan bebas fosil di semua truk kami untuk menjadikan truk tersebut tidak hanya ramah lingkungan dalam pengoperasian tetapi juga dalam hal bahan pembuatannya," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (25/5/2022).

Saat ini, lanjut Jessica, sekitar 30% material di truk Volvo baru berasal dari bahan material hasil daur ulang yang artinya sekitar hingga 90% truk pabrikan asal Swedia itu dapat didaur ulang pada akhir masa pakainya. “Kami terus berupaya meminimalkan jejak iklim kami. Kami juga bergerak menuju sirkularitas yang lebih besar baik dalam operasi dan truk kami," terangnya.

Baca Juga: Sinergitas Volvo Trucks dan DHL, Percepat Transisi Armada Elektrifikasi

Volvo Group telah berkolaborasi dengan SSAB pada baja bebas fosil sejak 2021 tepatnya pada bulan Oktober dimana Volvo Construction Equipment (Volvo CE) telah memperkenalkan kendaraan alat berat yang terbuat dari baja bebas fosil.

Dalam skala kecil, pengenalan bahan baja bebas fosil pada truk listrik heavy duty Volvo akan dimulai pada kuartal tahun 2022. Hal ini juga menjadi komitmen Volvo Trucks untuk mencapai zero-emisi gas rumah kaca pada tahun 2040 untuk seluruh line up-nya. 

Share :

Foton Rilis Keluarga Baru Truk Auman Est-A, Optimis Pimpin Pasar Tractor-Head di Meksiko

Peluncuran truk jenis ini sejalan dengan kepercayaan perusahaan bahwa truk jenis tractor-head akan memeang proporsi terbesar sebagai truk tugas berat (heavy duty) dan telah ditempatkan di segala posisi yang menonjol.

Read More
Gunakan Truk Listrik Scania, DB Schenker Menuju Transportasi Bebas Fosil di Swedia

Empat truk Scania P25 elektrik dan dua truk hibrida Scania PHEV adalah bagian dari ambisi DB Schenker agar Gotland menjadi wilayah pulau teratas dunia dalam keberlanjutan.

Read More
DAF Kenalkan Sistem Penguncian Pintu DAF Night Lock Baru, 150 Persen Lebih Kuat

Sistem keamanan tebaru ini akan tersedia pada setiap panel pintu truk DAF XF, XG, dan XG+ generasi baru yang telah dianugerahi sebagai 'International Truck of The Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler