MobilKomersial.com – Apa kalian tau singkatan dari PO AKAS? Ternyata naman AKAS itu berasal dari singkatan “Ali Karman Amat Saudara”. Nama tersebut di ambil dari sang pendiri yaitu H. Karman Amat. AKAS Group berdiri di Probolinggo pada taun 1956. Saat ini, PO Akas berkantor pusat di daerah Jawa Timur, tepatnya berada di Jalan S. Parman No. 4, Waru, Sidoarjo.

Saat dikelola generasi selanjutnya di tahun 1976, pengelolaan armada AKAS Group terbagi menjadi 4, yakni PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV. PO AKAS I dipimpin Harsono, PO AKAS II dipimpin Tingok, PO AKAS III dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni, dan PO AKAS IV Eddy Hariadi. Traykenya tentu berbeda-beda antar AKAS. Selain itu juga ada armada khusus untuk pariwisata.

PO AKAS juga rajin memperbaharui armada bus yang mereka pakai, terutama untuk layanan Pariwisata dan kelas Executive. Salah satunya pada PO AKAS IV yang lebih banyak mengkonsentrasikan armadanya pada layanan bus pariwisata dengan unit Gold Edition dan Chrome Editionnya.

Menurut redbus.com, PO Akas memiliki 19 bus yang melayani 8 trayek PP. Diantaranya yang paling terkenal adalah jurusan Sumenep - Surabaya, Probolinggo - Sumenep, Surabaya ke Pamekasan, Sumenep ke Probolinggo, dan masih banyak lagi.

Bus yang dipakai adalah jenis Executive, dangan konfigurasi tempat duduk 2+2.

Share :

Bukan NPM atau ALS, Tapi Gumarang Jaya Sih Penguasa Daratan Lampung

Bus Sumatera bukan sebatas ALS, ANS dan NPM saja. Tapi ada Gumarang Jaya

Read More
Kenalan dengan PO Nusantara, Raja Jalanan Asal Kudus

PO Nusantara berdiri pada tahun 1968 di Kudus dengan seorang penggagasnya yaitu Yonatan Budianto

Read More
Jet Darat Berduka. Niki Lauda Meninggal Dunia

Satu-satunya pebalap F1 yang menjadi juara dunia bersama Ferrari dan McLaren

Read More