MobilKomersial.com - Setelah selama dua tahun terakhir kegiatan mudik dibatasi, tahun ini menjadi puncak dalam melepas rindu dengan melakukan perjalanan mudik, termasuk dengan moda transportasi darat.

Kementerian Perhubungan memprediksi 36,17 juta orang akan menggunakan kendaraan darat pribadi baik mobil dan motor untuk mudik lebaran tahun ini.

Untuk itu, bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan darat pribadi, tentunya tidak salah untuk melakukan pengecekan ekstra setelah melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: 269 Ribu Kendaraan Diprediksi Padati Arus Balik ke Jabodetabek, Simak Imbauan Jasa Marga

Benny Fajarai, Co-Founder Lifepal sebagai salah satu marketplace insurance terdepan di tanah air, membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kondisi kendaraan pasca mudik lebaran usai.

1. Perhatikan Kondisi Kopling

Pada mobil bertransmisi manual, jelas sekali bahwa masalah kopling merupakan masalah yang sering dialami pemudik. Kopling yang bermasalah umumnya disebabkan karena gaya berkendara si pengguna mobil.

Ketika jalanan macet, terutama di tanjakan, pengguna mobil terkadang malas menarik rem tangan dan menggunakan metode mengemudi setengah kopling dengan transmisi yang berada di gigi satu.

Kebiasaan inilah yang membuat kopling cepat habis. Selain itu, kanvas kopling akan mengalami gesekan dengan berat antara flywheel dan dekrup atau cover clutch.

Baca Juga: Pentingnya Periksa Pengaturan Wheel Alignment Secara Berkala

2. Pengikisan Ban

Perjalanan jarak jauh sudah pasti sedikit banyak mempengaruhi kondisi ban. Oleh karenanya, perhatikan bagian ban dengan cermat. Apabila ketika sudah berkendara dan mengalami kendala keseimbangan, lakukan balancing dan spooring di bengkel rekanan.

Selain itu, pengemudi juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti ban apabila kondisinya ban sudah tipis atau mulai gundul di tepi atau sisi tertentu. Jangan lupa juga untuk mengecek tekanan angin ban. Karena apabila ban kekurangan angin, ada potensi kendaraan bisa boros BBM.

Next>

Share :

Simak Cara Mengurangi Idling Truk yang Bikin Hemat Bahan Bakar

Pengurangan 10% waktu idle diperkirakan sama dengan pengurangan 1% biaya bahan bakar ditambah keausan dan kerusakan mesin dan juga pengaruh terhadap lingkungan.

Read More
5 Hal yang Bikin Perjalanan Niaga Jadi Aman dan Nyaman ala Hankook

Dengan jarak perjalanan yang semakin jauh, para pengendara kendaraan komersial harus mempersiapkan beberapa hal agar dapat berkendara secara aman dan nyaman. Terlebih pada daerah iklim tropis seperti Indonesia yang memiliki kondisi cuaca yang tidak menent

Read More
Ngeri-ngeri Sedap, Ini 3 Tips Mengemudi Truk Heavy Duty di Medan Pegunungan

Sebelum menempuh perjalanan dengan medan berbahaya seperti, ada baiknya para pengemudi wajib mempersiapkan segalanya seperti pengecekkan sistem rem, kondisi ban, performa mesin dan lainnya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler