3. Pengereman Tidak Maksimal

Bila kamu mendengar ada suara yang gak wajar muncul saat mengerem, kamu patut waspada. Segera cek bagian kolong mobil dan pastikan minyak rem gak bocor.

Untuk memastikannya, lakukan pengecekan di bengkel dimana mekanik perlu untuk mengecek level minyak rem mobilmu. Apabila berkurang drastis, segera cek bagian selangnya dan segera lakukan pergantian.

4. Aki Soak

Komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik mobil ini juga wajib diperiksa. Karena kalau sudah rusak atau soak, mobilmu bisa mogok mendadak atau tidak bisa di-starter.

Baca Juga: Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Buat yang menggunakan aki basah, jaga volume air aki dengan baik. Kerusakan bisa terjadi akibat air aki berada di bawah garis lower.

Bagi pengguna aki kering, mendeteksi kesehatan aki juga perlu diperhatikan secara berkala. Kamu bisa melakukan pengamatan lewat suara mobil ketika di-starter. Apabila suaranya melemah dibandingkan biasanya, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

5. Kondisi Shock Breake

Bocornya shock breaker bisa diakibatkan karena gaya si pengemudi saat melewati jalanan yang rusak, muatan mobil yang kelewat batas, atau penggunaan ban yang sudah gak bagus.

Oleh karena itu, kehati-hatian merupakan hal yang penting dilakukan ketika kamu mengemudi. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang terhadap kondisi shock breaker setelah perjalanan jauh.

Baca Juga: Jangan Takut, Simak Tips Mendongkrak Mobil Ala Accelera

 

“Dengan mewaspadai lima penyakit mobil yang kerap muncul usai mudik serta melakukan pengecekan ekstra, kita bisa menghindari kerugian yang lebih besar pada kendaraan," jelas Benny.

"Selain itu jangan lupa bahwa penting untuk mengasuransikan mobilmu. Tanpa asuransi, biaya servis di bengkel tentunya membutuhkan kocek yang tidak sedikit," tutupnya.

Share :

Simak Cara Mengurangi Idling Truk yang Bikin Hemat Bahan Bakar

Pengurangan 10% waktu idle diperkirakan sama dengan pengurangan 1% biaya bahan bakar ditambah keausan dan kerusakan mesin dan juga pengaruh terhadap lingkungan.

Read More
5 Hal yang Bikin Perjalanan Niaga Jadi Aman dan Nyaman ala Hankook

Dengan jarak perjalanan yang semakin jauh, para pengendara kendaraan komersial harus mempersiapkan beberapa hal agar dapat berkendara secara aman dan nyaman. Terlebih pada daerah iklim tropis seperti Indonesia yang memiliki kondisi cuaca yang tidak menent

Read More
Ngeri-ngeri Sedap, Ini 3 Tips Mengemudi Truk Heavy Duty di Medan Pegunungan

Sebelum menempuh perjalanan dengan medan berbahaya seperti, ada baiknya para pengemudi wajib mempersiapkan segalanya seperti pengecekkan sistem rem, kondisi ban, performa mesin dan lainnya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler