MobilKomersial.com - Bus kini menjadi buruan para pemudik lebaran atau Idul Fitri. Harga tiket pesawat yang mahal serta kehabisan tiket kereta menjadi pemicunya.

Di sisi lain, operatur bus semakin berbenah. Tak hanya sekadar memanfaatkan kesempatan, bus disulap jadi moda transportasi yang lebih nyaman dan mewah. Fasilitas yang tersedia tak kalah dengan pesawat, seperti kursi yang empuk, TV di setiap kursi, free WiFi, bar makanan, bahkan tempat tidur.

Baca Juga: Kemenhub Siagakan 57.693 Unit Bus di 48 Terminal, Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

Berbagai fasilitas bus mewah yang ditawarkan untuk menunjang kenyamanan para pemudik selama di perjalanan berjam-jam. Berikut bus mewah yang melayani rute jarak jauh di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rosalia Indah Double Decker Executive Plus

Rosalia Indah Double Decker Executive Plus disebut-sebut sebagai "Millenial Bus". Maklum fasilitas yang diberikan memang sangat mewah. Sejatinya bus ini memang terdiri dari beberapa kelas. Hanya saja level teratas diisi oleh Executive Plus.

Untuk fasilitas yang ditawarkan di deck atas di antaranya adalah Reclining Seat 2-2, AC, Toilet, monitor LCD TV/DVD, musik, selimut serta bantal, leg rest, foot rest, layanan makan,air mineral dan Wifi.

Selain itu bus ini juga memiliki pramugara dan pramugari yang siap melayani kebutuhan pengguna bus. Untuk tiket, Rosalia Indah saat ini menjual di kisaran harga Rp 435.000, berdasarkan data di situs resmi. Hanya saja harga bisa berubah jika mendekati hari raya Idul Fitri 1443 H.

2. Harapan Jaya Sleeper Seat

PO Harapan Jaya dikenal memiliki bus tingkat atau double decker. Dalam satu bus, ada 3 kelas yang dijual yakni Executive, Super Luxury dan Sleeper Seat.

Untuk jenis Sleeper Seat, Harapan Jaya memberikan fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari kursi layaknya kasur, lampu baca, colokan listrik dan USD, WiFi gratis.

Tidak hanya itu yang gratis, penumpang juga bisa memanfaatkan kopi, teh, dan air mineral tanpa mengeluarkan biaya. Lalu ada juga tisu basah dan tisu kering. Ada juga sandal santai yang diberikan secara cuma-cuma.

Harapan Jaya sendiri membuka sejumlah rute yang cocok dipilih untuk mudik 2022. Rutenya antara lain dari Jakarta-Surabaya, Jakarta-Solo, Jakarta-Blitar, dan lain-lain. Untuk harga tiketnya, Sleeper Seat dibanderol mulai Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

3. Sinar Jaya Suite Class

Sinar Jaya Suite Class sudah terasa mewah karena konfigurasi kursi yang 1-1. Sehingga menawarkan kenyamanan dan privasi yang tinggi. Selain itu, kursi di bus ini punya ukuran lebih lebar, sandaran kaki, dan juga bisa direbahkan hingga kemiringan 150 derajat.

Fasilitas hiburan penumpang dirancang mirip business class pada pesawat, mulai dari Wifi dan Audio Video On Demand (AVOD). Selebihnya masing-masing jok dilengkapi dengan cup holder, lampu baca, AC individual, USB charger, selimut, dan bantal.

Penumpang bisa atur sesuai dengan keinginan baik film maupun musik, plus tersedia juga USB charging port dan lampu baca.

Tak hanya kelas Suites biasa aja, Legacy SR2 Suite Class ini juga menyediakan 4 jok VIP Suites pada kabin depan.

4. Gunung Harta Double Decker 6 Sleeper

Gunung Harta baru saja merilis bus double decker yang unik. Disebut unik karena di deck bawah hanya dipasang 6 sleeper, agar memberikan kenyamanan yang maksimal.

 

Di deck atas konfigurasinya juga nyaman yakni 1-1-1. Tentunya fasilitas itu akan memberikan kenyamanan yang baik buat penumpang bus.

5. Pandawa 87 Sleeper Bus

Pandawa 87 Sleeper Bus merupakan pilihan yang menarik bagi pemudik yang ingin menuju kawasan Jawa Timur. Fasilitas yang disediakan Pandawa 87 di bus itu cukup lengkap.

Mulai dari fasilitas hiburan, colokan listrik dan USB, toilet serta minuman dan makanan ringan gratis. Yang menarik sleeper yang disediakan memiliki fitur pemijat yang membuat kondisi tidur atau rebah pemudik jadi lebih nyaman.

Share :

Damri Hadirkan Layanan Bus Perintis Hingga ke Pelosok Aceh

Damri terus mendukung layanan angkutan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya guna menjalankan fungsinya sebagai “agent of development” dalam meningkatkan pengembangan wilayah tersebut

Read More
Simak Syarat Perjalanan Terbaru Naik Bus Damri

Diharapkan hal ini mampu meningkatkan kembali animo masyarakat dalam menggunakan transportasi darat, tentunya dengan harapan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia

Read More
Dukung KTT G20, Bus Listrik Merah Putih Buatan ITS Rampung pada Oktober 2022

Pengembangan Bus Listrik Merah Putih tersebut akan terus dilakukan setelah digunakan untuk KTT G20. Bus-bus ini akan digunakan sebagai angkutan umum di Indonesia.

Read More