MobilKomersial.com - Mobil formula listrik Garuda EV-22 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menyabet 3 penghargaan pada Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS), yang berlangsung Rabu-Minggu, 30 Maret-10 April di Jakarta.

Sebanyak 11 perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini, UNY mendapat kemenangan yakni pada kategori Juara Umum, Juara 1 Kategori Skidpad dan Juara 1 Kategori Endurance.

Baca Juga: InI Deretan Mobil Listrik Yang Mejeng di IIMS Hybrid 2022

Manager Tim Garuda EV-22 UNY Kesit Bayu Purnomo mengatakan "FESC IIMS 2022 merupakan kompetisi on track pertama yang diikuti tim UNY,"  kata Bayu pada Minggu, 10 April 2022.

Lanjut Bayu, mengatakan sejak awal tim berupaya menentukan strategi yang tepat agar sukses meraih target juara umum. “Proses yang dilakukan tim meliputi persiapan, riset, manufaktur dan latihan driver yang dilakukan selama 3 bulan,” katanya.

Endurance yang menjadi raihan juara UNY didapat dari penggunaan baterai berkapasitas 72V/64Ah, yang diapat dipakai menempuh jarak 50 km dengan kecepatan maksimal 80 kpj.

Casing dirancang agar baterai Lithium di dalamnya antar satu sama lain memiliki jarak, untuk menjaga suhu baterai tidak mengalami overheat.

"Tidak hanya itu saja, untuk menjaga suhu battery pack, setiap sel baterai dilapisi pelat alumunium untuk mempercepat perpindahan panas yang dihasilkan oleh baterai tersebut," ujarnya.

Baca juga: Jaga Usia Mesin Diesel, Wealthy Optimus Punya Interval Hingga 20 Ribu Km 

Driver tim Garuda UNY, Sultantyo Djatinegoro memaparkan, bahwa tantangan dalam kompetisi ini adalah kegesitan driver dan harus emiliki daya tahan tubuh kuat, karena musti menyelesaikan 60 lap uji endurance dan efisiensi.

“Track-nya berpasir dan basah karena hujan, oleh karena itu kami gunakan ban basah untuk mengurangi oversteer,” katanya.

Salah satu kunci keunggulan mobil UNY adalah kemampuan drivability kendaraan yang prima dengan sasis yang sempurna, dengan melalui uji handling dan pengereman kendaraan.

Hal ini terbukti saat mobil Garuda UNY meraih kategori skidpad terbaik dalam Student Formula Japan di Jepang beberapa waktu lalu.

Adapun Advisor Tim Garuda EV-22 Zaenal mengaku puas tim UNY akhirnya berhasil meraih target yang diinginkan yaitu juara umum. “Harapannya tim harus lebih bersiap diri menghadapi kompetisi yang akan datang yaitu Shell Eco-marathon 2022,” kata Zaenal.

Garuda EV-22 UNY sendiri memiliki 2 motor listrik dipasang secara on-wheel di kedua roda belakang. Kedua motor listrik tersebut dikendalikan oleh controller, khususnya ketika kendaraan sedang cornering.

Baca Juga: Pameran IIMS Hybrid 2022 Resmi Dibuka, Ada Kejutan Apa Saja?

Ketika sedang melakukan cornering ke kanan, maka roda bagian kiri harus berputar lebih cepat dibandingkan roda bagian kanan, maka controller tersebut akan mengatur motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kiri, untuk berputar lebih cepat dibandingkan motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kanan.

Oleh karena itu pemasangan kedua motor listrik secara on-wheel memiliki keunggulan pada manuver .

Share :

BMW Indonesia Jadi Partner Transportasi Resmi BNI Java Jazz Festival 2022

Dalam kolaborasinya ini, BMW menghadirkan rangkaian dari BMW Seri 3 terbaru diantaranya, BMW 320i Sport dan BMW 320i Dynamic.

Read More
Honda Rilis Teaser Generasi Baru CR-V, Pakai Mesin Hybrid

Pabrikan asal Jepang itu mengklaim bahwa mesin hybrid kali ini dirancang lebih canggih

Read More
Indonesia Pimpin Penjualan Terbesar Mitsubishi Motors Secara Global, Terima Kasih Xpander

Hal itu dibuktikan oleh MMKSI melalui capaian penjualan positif pada keseluruhan tahun fiskal 2021 (April 2021 - Maret 2022) dengan total penjualan lebih dari 114.265 unit, atau berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC.

Read More