MobilKomersial.com - Usai adu kecepatan di padang gurun pasir, tim Kamaz Master telah berhasil meraih kemenangan pada ajang reli terganas Dakar 2022 kategori truk yang diselenggarakan di Jeddah, Arab Saudi.

Tim Kamaz Master telah berhasil membawa 4 regunya sekaligus dalam posisi teratas puncak klasmen. Salah satunya adalah Dmitry Sotnikov #500 yang keluar menjadi juara Reli Dakar 2022 kategori truk.

Kemenangan tim asal Rusia ini, tentunya tidak terlepas dari kehebatan performa armada truknya yang membuat tim lawan kewalahan untuk mengalahkannya.

Baca Juga: Kamaz Kuasai Empat Podium, Dmitry Sotnikov Juara Reli Dakar 2022 Kategori Truk

Dalam Reli Dakar 2022, tim yang dijuluki "The Blue Armada" ini menggunakan truk khusus yang benar-benar baru yang berasal dari truk seri K5.

Truk yang secara internal disebut Kamaz 435091 ini telah memiliki komitmen kompetitif, bahkan memenangkan Silk Road Rally 2021 yang juga dimenangkan oleh Dmitri Sotnikov.

Truk ini memiliki panjang 6.900 mm, tinggi 3.300 mm, dan lebar 2.550 mm dengan berat kering 8.600 kg.

Di balik peleknya menggunakan cakram aluminium dengan sistem pengatur tekanan ban yang dipasok Goodyear dengan tipe ban ORD 375/90R22.5.

Baca Juga: Dakar 2022 Etape 12: Duel Panas Kamaz, Iveco dan Tatra

Tentunya keempat roda tersebut digerakkan dengan mesin diesel 6 silinder segaris berkapasitas 12.980 cc ditambah intercooler dan turbocharger, yang bekerja dengan transmisi otomatis.

Menurut anggota tim Dmitry Sotnikov, truk itu mampu mengeluarkan tenaga sebesar 1.100 dk dan torsi 4.500 Nm. Dengan tenaga yang besar itu, truk ini diklaim dapat melaju hingga kecepatan 165 kpj, dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 950 liter.

Baca Juga: Dakar 2022 Etape 8: Finish Diposisi 5, Ignacio Casale Akui Kehebatan Kamaz Master

Selain itu, Kamaz Master juga masih mempercayai dua truk Kamaz 43509 yang sudah ada dengan spesifikasi yang serupa dan telah memenangkan dalam 3 tahun sebelumnya di Dakar.

Sebagai informasi, Kamaz Master kembali berhasil menambah koleksi tropinya dengan memenangkan Reli Dakar tahun 2022 yang diraih oleh Dmitry Sotnikov #500 sebagai juara pertama.

Share :

Iveco Tingkatkan Jangkauan Truk S-Way 4x2 CNG Hingga 15 Persen

Dengan peningkatan tersebut, truk heavy-duty Iveco S-Way bisa menempuh hingga 514 km (320 mil) dalam sekali pengisian bahan bakar gasnya.

Read More
Nikola Tanda Tangani Kesepakatan dengan Proterra Untuk Pasokan Baterai

Pembuat truk listrik, Nikola Corp menandatangani kesepakatan pasokan baterai jangka panjang untuk truk semi kelas 8 nol emisi dengan Proterra.

Read More
Volvo VNR Electric Generasi Berikut Mampu Tempuh Jarak 440 Km

Volvo Trucks Amerika Utara terus memimpin produksi truk zero emisi di seluruh dunia, salah satunya dengan menghadirkan Volvo VNR Electric. Sekarang ini Volvo Trucks Amerika Utara meluncurkan versi yang disempurnakan dari Volvo VNR Electric dengan pengisia

Read More