Arab Saudi, MobilKomersial.com - Untuk pertama kalinya dalam sejarah balap Reli Dakar, tim asal Rusia, Kamaz Master berhasil memenangkan setiap tahapan reli dunia bergengsi, yang telah diadakan sejak tahun sejak 1978.

Empat regu tim Kamaz Master finis di empat besar Reli Dakar 2022 dan menjadi kemenangan untuk ke-18 kalinya berturut-turut pada balapan reli terganas.

Selain itu, Kamaz Master juga berhasil menempati empat posisi teratas puncak klasmen dalam kategori truk untuk pertama kalinya dalam 11 tahun dan juga menikmati total 19 gelar kejuaraan dalam sejarah tim.

Baca Juga: Dakar 2022 Etape 12: Duel Panas Kamaz, Iveco dan Tatra

Posisi pertama yang dinyatakan sebagai juara Reli Dakar 2022 kategori truk diraih oleh Dmitry Sotnikov #500 dengan mencatat waktu keseluruhan yang dicapai setelah 12 etape berjumlah 48 jam 23 menit dan 21 detik.

Vladimir Chagin selaku Kepala Tim Kamaz Master menyatakan kebanggaannya kepada tim yang berhasil membuktikan keunggulan kendaraan Rusia di kompetisi reli terganas.

"Empat tempat pertama di klasemen truk adalah milik kami. Kami sangat senang bahwa dua truk Kamaz baru dari keluarga K5 membuktikan diri mereka dalam kompetisi ekstrem ini dan dengan andal membawa kemenangan ke garis finis Dakar 2022 di Jeddah,” jelasnya mengutip laman resmi Kamaz Master, Sabtu (15/01/2022).

Baca Juga: Dakar 2022 Etape 8: Finish Diposisi 5, Ignacio Casale Akui Kehebatan Kamaz Master

Semantara itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin juga turut mengucapkan selamat kepada tim balap Dmitry Sotnikov dengan kemenangan di Reli Dakar 2022 dalam kategori truk.

"Sungguh menggembirakan bahwa pembalap hebat kami dengan peralatan baru mereka berhasil mempersiapkan diri dengan sempurna untuk reli ketahanan ini, secara akurat menghitung kekuatan mereka dan menampilkan kualitas atletik mereka yang luar biasa," ungkapnya dalam situs resmi Kremlin.

"Tentu saja, para pelatih dan semua orang yang mendukung tim dalam kesuksesan ini pantas mendapatkan ucapan terima kasih khusus. Terima kasih banyak kepada anda bahwa tim Rusia mengambil seluruh podium kemenangan dalam reli ini. Bagus sekali," tambah Vladmir Putin.

Baca Juga: Dakar 2022 Etape 11: Petronas De Rooy Iveco Masuk 5 Besar Klasemen Keseluruhan

Dmitry Sotnikov berusia 35 tahun dan dia telah membalap untuk tim Kamaz Master sejak 2008. Dia menempati posisi ke-2 di klasemen umum Reli Dakar pada 2017 dan 2019 dan menjadi juara di ajang tersebut pada 2021 dan tahun ini. Ia juga merupakan pemenang dari Raid Silk Way Rally 2013 dan 2017.

Sejak akhir 1990-an, tim Kamaz Master terus mendominasi kategori truk, memenangkan rekor dengan jumlah 19 kemenangan di reli bergengsi.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More