MobilKomersial.Com – Juni tahun lalu Karoseri Adi Putro memperkenalkan model bus terbarunya Jetbus Transit, jenis bus low deck yang mengadopsi bodi monokok. Bus tersebut dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan bus perkotaan, shuttle bus, BRT, BTS maupun bus bandara. 

Bus yang lebih dikenal dengan sebutan bus medium monokok itu rupanya sedang menjalani masa coba di Solo, Jawa Tengah selama sebulan. Tepatnya mulai Selasa pagi, 10 Januari sampai 10 Februari 2022.

Baca juga: Simak Daftar Tarif Bus AKAP Jurusan Jakarta - Padang

Uji coba dilakukan dengan mengambil rute pemberangkatan dari Kantor Dinas Perhubungan Solo-fly over Manahan-Simpang Gendengan-Jalan Slamet Riyadi-Gladag-Balai Kota-Pasar Gede-Gladag-fly over Manahan-Kantor Dinas Perhubungan Solo. 

Bus medium monokok Adi Putro itu memiliki desain elegan dan modern. Bergaya Eropa, dengan kaca depan lebar. Lantainya lebih rendah dibanding bus pada umumnya, sehingga memudahkan penyandang difabel pengguna kursi roda. Mereka tidak perlu bersusah payah saat keluar masuk bus. Tidak heran bila bus ini dikenal ramah difabel pengguna kursi roda. 

Baca juga: Layaknya Hotel Berbintang, Begini Wujud Bus Sultan Milik Juragan 99

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno mengapresiasi Adi Putro yang melakukan uji coba bus monokok di kota Solo. “Saya apresiasi desainnya mengadopsi khusus untuk teman-teman difabel. Kenyamanannya saya pikir sudah sungguh luar biasa,” ujarnya, melansir dari instagram Adi Putro.

Penyandang difabel juga mengapresiasi kehadiran bus monokok tersebut. Perwakilah Advokasi Difabel, Hermin mengatakan bahwa bus tipe low deck tersebut dinilai nyaman bagi para penyandang difabel yang memakai kursi roda dan krek. “80 persen bus ini dapat diakses (para penyandang difabel) karena sudah terdapat ram untuk naik turun yang tingginya pas bagi pengguna krusi roda dan krek. Dan di dalam bus juga terdapat pengaman kursi roda sehingga tidak perlu berpindah ke kursi.”

Dinas Perhubungan Kota Solo berharap Kementerian Perhubungan bersedia merekomendasikan keberadaan bus monokok tersebut untuk bisa beroperasional di kota Solo.

Baca juga:  Daftar Inovasi dan Teknologi Karoseri Bus yang Hadir Sepanjang 2021

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More