MobilKomersial.com - Siapa yang tak kenal dengan Optimus Prime ?. Ya, Optimus Prime dikenal sebagai komandan tertinggi dari Autobots dalam film sekuel "Transformers". Dia adalah robot yang menyamar dengan bertransformasi sebagai truk.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang kehebatan sebenarnya dari truk yang ikonik dalam film yang dibesut oleh sutradara Michael Bay.

Truk yang digunakan sebagai 'Optimus Prime' merupakan basis dari semi truk Heavy-duty Peterbilt 379 yang diproduksi pada tahun 1992.

Baca Juga: Truk Otonom TuSimple Sukses Tempuh Jarak Hingga 128,7 Km

Desain truk ini dirancang dengan ujung depan yang diperpanjang dan gril kotak yang cukup besar berhiaskan lapisan krom menjadi ciri yang sangat kuat dengan pipa gas pembuangan (knalpot) yang menjulang tinggi keatas yang merupakan khas dari truk buatan Negeri Paman Sam pada masanya.

Selain itu, yang membuatnya unik adalah lampu depan berbentuk persegi panjang yang dipasang di spatbor sebagai lampu sein.

Dalam Interiornya, dasbor melengkung ke arah pengemudi yang masih berbalut kayu klasik. Hal ini untuk memudahkan pengemudi truk menutup semua kontrol dalam berkendara. Kabin truk ini memiliki kaca depan yang diperbesar dengan wiper yang dipasang secara horizontal.

Truk buatan asal Amerika Serikat ini merupakan truk kelas 8 yang dilengkapi dengan mesin diesel 14,6 liter dan 6 silinder sekaligus menjadi model andalan Peterbilt sebagai truk pengiriman terbesar yang pernah mereka jual.

Baca Juga: Volvo Uji Ketahanan Baterai Truk Listriknya Dibawah Suhu Ekstrim

Awalnya, Peterbilt 379 diluncurkan pada 1987 dan diproduksi hingga 2007. Selama waktu itu, Peterbilt 379 adalah pemimpin dalam fasilitas dan teknologi truk modern.

Dalam rentang produksi tersebut, perubahan yang banyak terjadi pada 379 adalah mesin yang mendapatkan update sesuai dengan standar emisi dan teknologi mesin. Hingga akhir produksinya, truk ini punya pilihan mesin 16 mesin dari berbagai tipe dan periode produksi.

Rata-rata dari mesin yang disediakan mampu menghasilkan daya 350 hingga 600 dk. Desain terakhir Peterbilt 379 menggunakan mesin Caterpillar C-15 (Cat C15). Ini adalah mesin diesel tugas berat yang menghasilkan tenaga sebesar 475 dk yang dirancang untuk armada jarak jauh.

Truk tersebut memiliki kapasitas gandar depan 12.000 pon dan poros belakang berkapasitas 38.000 pon. Gandar tersebut dibangun di atas rangka baja dengan jarak sumbu roda 250 inci yang lebar.

Baca Juga: Ini Alasan Jimmy Reddell Jadi Finalis di Transition Trucking – Driving for Excellence

Ban profil rendah berukuran 22,5 ini juga dipasang di rangka roda aluminium yang membuat truk irit bahan bakar meskipun konsumsi bahan bakar sangat tergantung pada kondisi jalan dan berat beban.

Truk Peterbilt 379 tahun 1992 yang membintangi film 'Transformers' ini telah terjual dalam pelelangan dengan harga US$110.000 atau setara dengan Rp157 miliar. Menariknya, truk tersebut dibeli oleh salah satu pemilik tim Nascar asal Amerika, Rick Hendrick.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More