MobilKomersial.Com – Tentu tidak nyaman bila saat berkendara, posisi kita berada di belakang truk kontainer. Terlebih ketika berada di jalan satu jalur. Walaupun truk berjalan lambat, tidak dapat dengan mudah begitu saja menyalipnya, mengingat ukuran bodi truk yang besar.

Sayangnya tidak sedikit sopir yang nekad menyalip tanpa perhitungan matang, justru tertimpa celaka. 

Berangkat dari fenomena tersebut, Samsung melakukan inovasi yang tujuannya membantu meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Perangkat yang dinamai Samsung Safety Truck itu terdiri dari kamera nirkabel yang terpasang di bagian depan dan terhubung ke 4 monitor eksterior yang terletak di bagian belakang. 

Baca juga: Truk Listrik Volvo Diklaim Lebih Unggul dalam Jangkauan dan Efisiensi Energi

Monitor tersebut menampilkan kondisi jalan di depan truk, sehingga pengendara yang berada di belakang bisa mengetahui kondisi jalan. Hal ini tentu akan membantu kita ketika akan menyalip atau mendahului truk tersebut, karena pengendara di belakangnya sudah mengetahui kondisi di depan.

Tentu saja keuntungan lain dari teknologi Safety Truck ini adalah dapat mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh pengereman mendadak akibat orang maupun hewan yang menyeberang jalan. Sejauh ini Samsung mengklaim bahwa teknologi tersebut dapat menyelamatkan nyawa banyak orang.

Baca juga: Gandeng HERE Technologies, Scania Kenalkan Platform Teknologi Generasi Terbaru

Inovasi Samsung Safety Truck ini sudah dilakukan oleh Samsung Argentina beberapa tahun lalu. Dengan menggunakan truk Volvo FH dengan kontainer yang dilengkapi dengan dua layar monitor Samsung OH46D 46 inci yang dipasang vertikal pada masing-masing pintu kontainer.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More