MobilKomersial.Com - Mulai Oktober 2021 lalu, berwisata ke kota Solo menjadi semakin menyenangkan. Pasalnya, kota ini menyediakan transportasi unik bagi para wisawatannya. Alhasil berkeliling kota Solo pun menjadi lebih seru dan mudah. 

Pemerintah Kota Surakarta menawarkan fasilitas mobil antik listrik kepada para wisatawan untuk jalan-jalan. Cara membeli tiketnya pun sangat mudah. Mengingat mobil listrik wisata berada di bawah pengelolaan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, maka untuk membeli tiketnya kita wajib mendatangi kantor Dishub Kota Surakarta.

Mobil wisata listrik beroperasional hanya pada Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Harga tiketnya Rp 20.000 per orang saja. Begitu sudah membeli tiket, wisatawan bisa berkeliling Kota Solo naik mobil klasik listrik dengan sopirnya. 

Baca juga: Damri Mulai Layani Rute Bandung Menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu

Mengenai pengisian daya listrik, Pemerintah Kota Surakarta sudah menyediakan beberapa titik pengisian daya di rute yang dilaluinya, sehingga mobil pun tidak perlu kembali ke kantor Dishub. 

Saat ini mobil listrik wisata memiliki 3 rute dengan jadwal pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 14.00 WIB. Berikut ini 3 rute mobil listrik wisata Kota Solo:

Terdapat 3 rute yang bisa dipilih :

Rute 1: Benteng Vastenburg – Pasar Gedhe – Kasunanan – Baluwarti – Batik Kauman

Rute 2: Kampung Batik Laweyan – Sondakan – Pasar Oleh-oleh Jongke – Pajang

Rute 3: Mangkunegaran – Manahan – Pasar Ikan – Pasar Depok

Baca juga: Ukir Sejarah Baru, Toyota Geser Posisi GM Sebagai Pemimpin Pasar Otomotif di AS

Operasional mobil wisata listrik sempat menuai kritik dari pengamat Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) karena dianggap melanggar aturan. Karenanya, Dishub mengubah rute mobil listrik wisata, yang semulai 7 rute menjadi hanya 3 rute. 

Meski terjadi perubahan rute, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tetap bersikukuh dan bertanggung jawab menjalankan operasional mobil wisata listrik (7/1/2022). Sebab Gibran menyebut mobil wisata listrik sudah mengantongi izin dari Satlantas Polresta Solo sehinggga diperbolehkan turun di jalan umum karena alasan wisata.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More