Jakarta, MobilKomersial.com - Seiring dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyaratak (PPKM) hingga 13 Desember 2021, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik melalui perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling yang tetap beroperasi terbatas.

Bagi Anda yang sedang berada di Jakarta dan ingin melakukan perpanjangan SIM hari ini, Jumat (10 Desember 2021), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyediakan layanan SIM Keliling di 5 lokasi.

Pemilik SIM atau Surat Izin Pengemudi wajib mengetahui batas masa berlaku SIM miliknya. Jika masa berlaku sampai terlewat, maka pemilik SIM harus mengajukan SIM yang baru.

Baca Juga: Program Digitalisasi Road Tax Resmi Diluncurkan, Kendaraan Taat Pajak Kini Punya Tanda Khusus

Melansir laman resmi korlantas.polri.go.id pada Jum'at (10/12/2021), pelayanan SIM Keliling akan beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Apabila masa berlaku SIM habis diberlakukan penerbitan seperti SIM Baru.

Sebagai informasi, biaya perpanjangan sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000,- untuk perpanjangan SIM A dan Rp. 75.000,- untuk perpanjangan SIM C.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut:

1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku

2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli

3. Bukti Cek Kesehatan.

Baca Juga: Urus SIM dan SKCK Wajib Vaksin, Korlantas: Itu Hoax

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan di jalan raya wajib mengantongi Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. Ketentuan berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Berikut 5 Lokasi SIM Keliling di wilayah DKI Jakarta:

Jakarta Timur : Mall Grand Cakung.

Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata & ITC Cipulir Mas Jaksel.

Jakarta Barat : Mall Citral'and.

Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng.

Pihak Polda Metro Jaya mewajibkan mematuhi protokol kesehatan saat mengunjungi lokasi SIM Keliling. Selalu pakai masker dan lakukan physical distancing.

Share :

Truk Heavy Duty Ford F-Max Bakal Mejeng di IAA Transportation 2022
Program 'Promo Merdeka' DFSK Siap Hadir di GIIAS 2022, Tebarkan Banyak Hadiah

Tak hanya menampilkan kendaraan terbaru dan teknologi canggihnya, DFSK juga akan menghadirkan program-program menarik. Salah satunya adalah program

Read More
Menuju Green Economy, Mitsubishi Motors Dorong Popularitas EV di Indonesia

Bersama dengan Nissan, Isuzu, Fuso, dan Toyota, Mitsubishi Motors yang diwakili PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) juga melibatkan model kendaraan listrik mereka yang akan berlangsung hingga akhir tahun 2022 ini.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler