MobilKomersial - Biasanya, perkebunan anggur tumbuh di atas lereng curam yang dipisahkan oleh jarak atau ruang yang sempit untuk dilalui.

Para penanam cenderung berfikir bahwa penggunaan traktor untuk perkebunan anggur merupakan hal yang mustahil karena jalurnya sangat sempit dan buahnya harus dipetik dengan tangan.

Penggunaan traktor konvensional kemungkinan akan merusak perkebunan anggur dan tanaman merambat lainnya.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Volvo CE Uji Kendali Jarak Jauh Wheel Loader High-lift Melalui Jaringan 5G

Menjawab kebutuhan tersebut, produsen mesin pertanian Amerika, New Holland Agriculture telah bekerjasama dengan rumah desain paling terkenal di Italia, Pininfarina untuk merancang konsep traktor straddle yang praktis untuk membantu kendaraan menavigasi jalan sempit seperti di perkebunan kebun anggur.

Melansir carscoops pada Sabtu (4/12/2021), konsep traktor straddle ini memiliki fisik yang khas, terutama jika dibandingkan dengan traktor yang biasa digunakan untuk pertanian.

Traktor konsep ini memiliki kabin mewah dengan kursi nyaman yang dapat berputar dan trim kayu yang indah serta dilengkapi dengan kaca sampul untuk memberikan operator pandangan yang tidak terhalang ke sekelilingnya.

Demi memudahkan dalam proses pemetikan anggur, seluruh peralatan hasil kerjasama antara dua perusahaan ini akan didukung sepenuhnya oleh sistem traksi elektronik.

Baca Juga: Caterpillar Rilis Dua Wheel Loader Medium dengan Teknologi Baru

New Holland tidak memberikan spesifikasi, tetapi pihaknya mengatakan bahwa itu akan berjalan jauh lebih bersih daripada model bertenaga gas tradisional atau konvensional.

“Konsep traktor straddle kami yang inovatif menawarkan pandangan sekilas ke masa depan yang dapat dicita-citakan oleh para penanam anggur premium dengan kebun anggur yang sempit dan bernilai tinggi,” kata Carlo Lambro selaku Presiden New Holland.

Meskipun Pinanfarina terkenal dengan desain mobilnya seperti Ferrari Testarossa, Maserati GranTurismo, dan Foxtron Model E yang baru saja diluncurkan, hal ini bukan upaya pertama kalinya perusahaan tersebut dalam mendesain traktor.

Pada tahun 2015, rumah desain tersebut merancang konsep untuk Zetor Tractors. Meski traktor tersebut tidak pernah masuk ke produksi, tetapi elemen dari desain masuk ke model masa depan dari perusahaan.

Baca Juga: Gandeng Holcim, Volvo Kembangkan Pengangkut Listrik Otonom Untuk Pertambangan

“Ini adalah hasil dari sejarah panjang keunggulan New Holland di kebun anggur di seluruh dunia, dikombinasikan dengan inovasi yang terinspirasi dari rumah desain legendaris Pininfarina,” pungkasnya.

Diresmikan sebagai bagian dari pameran pertanian anggur, zaitun, dan buah SITEVI 2021, konsep tersebut merupakan petunjuk dari salah satu arah yang diharapkan New Holland untuk dicapai dalam waktu dekat. Semoga bisa masuk Indonesia juga nih, biar petani kita makin mudah kan. 

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More