Jakarta, MobilKomersial.com - Perusahaan bus dan truk asal Jepang UD Trucks telah mencapai kesepakatan bersama dengan produsen baja Kobe Steel untuk melakukan uji coba mengemudi otonom atau tanpa sopir.

Uji coba mengemudi otonom ini akan menggunakan UD Truck Quon yang dilengkapi dengan teknologi mengemudi otonom Level 4 (L4) di Kakogawa Works Kobe Steel.

Program ini dilakukan sebagai inisiatif atas kekurangan jumlah pengemudi yang kronis di lokasi baja sekaligus mempromosikan transformasi digital di lokasi manufaktur dan logistik.

UD trucks akan menyiapkan truk ujicoba heavy-duty Quon yang secara khusus dilengkapi dengan teknologi penggerak otonom L4.

Baca juga: UD Trucks Rilis Global Rangkaian Truk Euro 5 Baru

Truk akan berjalan pada rute uji dalam batas-batas pekerjaan di Kakogawa. Persidangan diperkirakan akan berlangsung selama paruh kedua tahun 2022.

Diketahui, Jepang mengalami kekurangan tenaga kerja dalam menghadapi tingkat kelahiran yang menurun. Termasuk populasi yang menua dengan cepat.

Menurut penelitian populasi usia kerja diprediksi akan turun dari sekitar 74 juta pada tahun 2021 menjadi 68 juta pada tahun 2030 dan 44 juta pada tahun 2060.

Baca juga: PPKM Darurat, Layanan Bengkel Astra UD Trucks Tetap Beroperasi Terbatas

Kekurangan tenaga kerja ini berdampak pada beberapa sektor ekonomi, termasuk logistik dan industri manufaktur. Hal ini sekaligus memberikan tekanan kuat pada perusahaan untuk mempertahankan tingkat output dan layanan pelanggan saat ini.

Misalnya pada produksi baja, tanur sembur dirancang untuk beroperasi 24 jam sehari dan 365 hari setahun. Namun, kekurangan pengemudi dapat memperlambat pergerakan material di dalam lokasi yang berdampak pada operasi manufaktur secara keseluruhan.

next>

Share :

65 Truk Iveco S-Way LNG Diborong oleh Operator Transportasi Vlantana

Selain ramah lingkungan, truk Iveco S-Way LNG juga memberikan otonomi bahan bakar terbaik di kelasnya hingga 1.600 km, efisiensi tanpa kompromi di setiap misi, penghematan signifikan dengan TCO yang jauh lebih rendah daripada truk diesel, dan pengalaman b

Read More
DTNA dan Platform Science Luncurkan Virtual Vehicle

Daimler Trucks North America (DTNA) dan Platform Science berkolaborasi meluncurkan Virtual Vehicleâ„¢ atau kendaraan virtual.

Read More
Berkat Teknologi OptiView, MAN Raih Penghargaan Transportasi Eropa Keberlanjutan 2022

Penghargaan ini dimaksudkan untuk mendorong perusahaan di industri kendaraan komersial untuk bertindak dengan mengenali produk dan strategi berorientasi masa depan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler