MobilKomersial.com - Sebagai aspek vital keselamatan pada truk heavy-duty khususnya pada truk jenis tractor head adalah pada bagian yang disebut Fifth Wheel Coupling.

Perangkat tersebut menjadi penghubung antara tractor head atau prime mover atau trailer head dengan semitrailer di belakangnya. Semitrailer di belakang tractor head bisa membawa peti kemas, barang berat atau muatan berat lainnya.

Mengutip dari laman resmi Daimler Trucks pada Selasa (23/11/2021), secara teknis, fifth wheel coupling terdiri atas kingpin dengan garis tengah 50,8 mm atau  88,9 mm (2 inci atau 3,5 inci) berupa bola baja vertikal yang terpasang pada bagian depan bawah semitrailer.

Sedangkan fifth wheel coupling device called atau penghubung dari kingpin tersebut yang berbentuk piringan mirip sepatu kuda yang memiliki celah untuk tempat masuknya kingpin pada bagian belakang tractor head.

Baca Juga: Daimler Indonesia Kenalkan Fitur Keselamatan Baru Pada Truk Mercedes-Benz

Pemakaian fifth wheel coupling memungkinkan tractor head untuk berganti-ganti semitrailer dengan cepat dan mudah sehingga pengiriman muatan semakin efisien dan praktis.

Agar memudahkan proses pemasangan dan pergantian trailer, fifth wheel coupling dilengkapi mekanisme khusus untuk mengunci dan melepas sambungan antara tractor head dan trailer.

Fungsi lainnya juga untuk menahan beban Semitrailer secara vertikal di atas pelat Fifth Wheel dan sebagai alat bantu untuk titik tumpu ketika berbelok.

Sebagai peran vital pada truk heavy-duty, hal itu tak luput dari cara pentingnya mematuhi setiap detail petunjuk pengoperasian, perawatan, maupun pemeliharaan pabrikan.

Baca Juga: Senjata Isuzu Indonesia Menyambut Regulasi Truk Zero ODOL pada 2023

Adapun untuk pemasangan trailer juga perlu memperhatikan petunjuk seperti yang diberikan oleh Daimler Truck, yaitu

1. Pasang trailer/semitrailer hanya pada trailer/fifth wheel coupling yang sesuai

2. Pastikan ada jarak yang cukup antara trailer/semitrailer dan kendaraan penarik.

3. Jika kendaraan dikemudikan tanpa beban, hanya satu trailer tanpa beban yang boleh dipasangkan.

4. Jangan melebihi beban gandar yang diizinkan.

5. Mematuhi beban gandar depan minimum. Ini akan memastikan kemampuan kemudi yang memadai untuk kendaraan penarik.

Share :

Gandeng OMB Saleri, Bosch Siap Produksi Komponen Sistem Tangki Hidrogen Kendaraan

Bosch dan OMB Saleri berharap bahwa kemitraan yang mereka lakukan sekarang untuk komponen sistem pengisian bahan bakar hidrogen akan memperluas posisi pasar mereka di sektor hidrogen.

Read More
Raih Indonesia Best Brand Award, Presiden Bridgestone: Kado Terbaik di Tahun 2021

Penghargaan kepada Bridgestone sebagai Indonesia Best Brand Award adalah kado terbaik buat kami untuk menutup tahun 2021.

Read More
Stop Produksi Karimun Wagon R, Suzuki Fokus Kembangkan Kendaraan Hybrid

Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan perusahaan mengalihkan prioritasnya. Sehingga dengan adanya kendaraan elektrifikasi akan berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki,

Read More
honda

Terkini

Terpopuler