MobilKomersial.com - Sektor bus menjadi salah satu yang paling terdampak adanya pandemi, mulai dari larangan perjalanan, hingga area wisata yang ditutup. Namun, adanya pandemi ini juga membuat beberapa pihak telah melakukan berbagai inovasi.

Salah satunya adalah bus Anticovid pertama di Indonesia. Bus ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Diponegoro (Undip), Karoseri Laksana, dan PO Sumber Alam dengan bertajuk Bio Smart & Safe Bus.

Kerjasama ini merupakan implementasi dari program matching fund kedaireka. Matching Fund sendiri adalah bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri.

Bus dengan kelir putih dan biru itu dibawa road trip dari Undip di Semarang ke Jakarta untuk dipamerkan kepada Kemendikbud, Kemenristek dan Kemenhub.

Baca Juga: Bersama Karoseri Laksana, Daimler Pamer Bus Mercedes-Benz OF 917 Combi Suites Baru

Tujuan dari perjalanan ini juga untuk melakukan penelitian, mengetes efektivitas Bio Smart & Safe Bus dibanding bus biasa. Awal Prasetyo, ketua tim program dan dari Fakultas Kedokteran Undip, mengatakan, kegiatan touring dan promosi Bio Smart & Safe Bus, selama perjalanan dari Semarang ke Jakarta, penumpang menjadi subyek penelitian.

“Sebelum berangkat, teman-teman mahasiswa Undip diambil cairan hidung kemudian dilakukan tes sakarin. Cairan ini untuk memeriksa kadar imunoglobulin (suatu antibodi untuk menilai kondisi imun,” ucapnya dikutip dari video Youtube Laksana, Selasa (23/11/2021).

"Jadi sebelum berangkat dicek, setelah perjalanan dicek kembali lalu dibandingkan antara penumpang Bio Smart & Safe Bus dengan bus biasa. Jadi bisa dilihat apakah Bio Smart & Safe Bus punya hasil yang signifikan dibanding bus biasa," lanjutnya.

Dalam mencegah penyebaran virus Covid 19, bus ini dirancang dengan konsep ‘segitiga sehat’. Dimana ada lingkungan (environment), ada agen penyebab sakit (pathogen) dan inang (host). Pada aspek lingkungan, tata letak kursi penumpang menganut prinsip physical distancing. Serta sirkulasi udara kabin dirancang khusus agar udara menjadi lebih bersih dan sehat.

Baca Juga: Menko Perekonomian RI Serahkan Bantuan Bus Listrik dan Microbus ke UGM

Sistem sirkulasi udara Bio Smart Bus ini adalah setelah AC dinyalakan dan mendinginkan kabin, udara akan dihisap oleh inlet AC yg terdapat pada bagian bawah bus, sehingga udara di kabin bus akan selalu fresh. Udara yang dihisap kemudian disalurkan melalui HEPA filter, UV- C lamp yang berfungsi utk menyaring partikel-partikel yang sangat kecil seperti virus dan mengurainya.

Untuk aspek pathogen, seluruh permukaan interior kabin sudah dilapisi nano silver. Nano silver berfungsi menguraikan virus-virus yg menempel pada permukaan interior bus. Dengan adanya Hepa Filter, UV-C lamp, dan Nano Silver, maka jumlah virus atau peredaraan virus pada kabin bus akan diminimalisir secara signifikan.

”Inovasi yang sudah dirancang ini jangan berhenti sampai disini saja. Harus terus berkembang, seperti pesan Ki Hajar Dewantara bahwa kita harus nontoni, niteni, nambahi. Artinya buat inovasi ini menjadi murah, simple dan smart. Dari model bus, diharapkan dapat didesain menjadi mobil yang desainnya lebih sederhana, biaya lebih murah tetapi lebih canggih," ucap Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dalam sambutannya.

Share :

Damri Operasikan 'Bus Kuning' di Kawasan UI, Mudahkan Mobilisasi Mahasiswa

Hadirnya bus di kawasan kampus tersebut tentunya merupakan salah satu peran Damri dalam memudahkan mahasiswa hingga para pengajar untuk melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya di lingkungan UI.

Read More
Tiga Brand Karoseri Bus Hadir di GIIAS 2022, Ada Yang Baru Nih

GIIAS 2022 ini akan menjadi event yang akan ditunggu-tunggu oleh para pecinta bus atau yang akrab disapa Busmania.

Read More
Dukung Asean Para Games 2022, Damri Kerahkan Armada Terbaik di Solo

Dalam mendukung kelancaran perhelatan tersebut, Damri mengerahkan 3 unit armada yang terdiri dari 2 bus besar dan 1 bus sprinter. Untuk jadwal keberangkatan, Damri menyesuaikan kedatangan dari kontingen.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler