MobilKomersial.com - Volvo Construction Equipment (Volvo CE) telah menjadi OEM pertama di dunia yang telah menguji wheel loader high-lift yang dikendalikan dari jarak jauh melalui jaringan 5G dalam aplikasi kehutanan yang kompleks.

Hal ini merupakan upaya Volvo untuk mengembangkan proses konstruksi kayu yang lebih aman dan lebih produktif serta menjelajahi potensi sebagai enabler untuk otomatisasi.

Proyek penelitian unik yang disebut Remote Timber ini adalah hasil kolaborasi antara Volvo CE dan operator telekomunikasi Telia, produsen kayu dan kertas SCA, Mid University Sweden, Skogforsk dan Biometria.

Baca Juga: Indo Muro Kencana Hubungkan 59 Armadanya ke Volvo Active Care

Pengujian yang dilakukan di terminal kayu SCA di Torsboda, Swedia ini telah menunjukkan bahwa wheel loader Volvo L180 High-lift dapat dioperasikan secara jarak jauh hingga ratusan kilometer jauhnya.

Dengan menggunakan jaringan 5G, adanya latensi rendah telah terbukti menjadi keuntungan utama yang memungkinkan operator untuk melakukan proses dalam mengambil, memuat, dan mengatur log dari jarak jauh.

Christian Spjutare, Advanced Engineering Program Manager at Volvo CE, mengatakan bahwa kehutanan yang dioperasikan dari jarak jauh diharapkan memberikan peningkatan produktivitas dengan memungkinkan satu operator bekerja di beberapa lokasi di seluruh dunia.

“Kami berharap operasi jarak jauh membuka peluang yang jauh lebih besar bagi operator daripada yang tersedia saat ini,” ungkapnya mengutip laman resminya, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Gandeng Holcim, Volvo Kembangkan Pengangkut Listrik Otonom Untuk Pertambangan

Hal ini, lanjutnya, juga diharapkan dapat membuatnya lebih aman, dengan menjauhkan manusia dari lingkungan yang berpotensi berbahaya, dan melalui arus logistik yang lebih efisien karena bongkar muat kayu juga dapat dilakukan pada malam hari.

“Kadang-kadang sulit untuk mempekerjakan orang di terminal kayu karena lokasi mereka yang terpencil. Tapi tele-operasi memungkinkan orang untuk bekerja dari lokasi mana pun, tidak peduli jaraknya, menjadikannya pengaturan kerja yang lebih diinginkan, dengan keuntungan tambahan dari logistik kerja yang lebih efisien dan berkelanjutan,” harap Christian Spjutare.

next>

Share :

Kerjasama Mercedes-Benz dan Factorial Kembangkan Teknologi Baterai Solid-State

Tujuan lain dari kemitraan ini adalah untuk memulai dengan sel dan memperluas pengembangan untuk memasukkan seluruh modul dan integrasi ke dalam baterai kendaraan.

Read More
Hankook Lakukan Road Show dengan Truk Hyundai Xcient Fuel Cell Bertenaga Hidrogen

Hankook menetapkan target yang jelas seperti menggunakan 100 persen bahan baku berkelanjutan pada tahun 2050 dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen dibandingkan tahun 2018, sebagaimana disebutkan dalam laporan ESG produsen ban.

Read More
'Taksi Terbang' EHang 216 Mengudara di Langit Bali

menjadi AAV tingkat penumpang pertama di Indonesia yang disetujui untuk demo penerbangan transportasi nirawak

Read More
honda

Terkini

Terpopuler