MobilKomersial.com - Perkembangan kendaraan elektrifitas atau listrik di Indonesia semakin meningkat. Hal ini merupakan amanat Presiden Joko Widodo tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai yang tertera pada Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

Sejalan dengan itu, para Agen Pemegang Merek (APM) turut memperkenalkan berbagai kendaraan listriknya di berbagai segmen, mulai dari sedan, sport hingga mobil mini pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Berkendara Mobil Impian dengan Test Drive di GIIAS 2021

Sayangnya, mayoritas dari kendaraan listrik yang dipamerkan masih berstatus display, namun ada beberapa pabrikan yang sudah memasang harga dan siap dipasarkan di Indonesia, berikut deretannya.

Hyundai

Pabrikan otomotif asal Korea, Hyundai telah menghadirkan beberapa model mobil listriknya di ajang GIIAS 2021, mulai dari Kona Electric dan Ioniq Electric hingga mobil konsep EV Propechy.

Hyundai Kona dan Ioniq ini menggunakan tenaga baterai lithium berkapasitas 38 kilowatt. Dengan kapasitas ini, mobil tersebut sanggup menempuh perjalanan sampai 373 km saat kondisi penuh. Hyundai juga mengklaim sudah menggunakan teknologi fast charging, sehingga baterai Ionic bisa terisi 80% dalam waktu 54 menit.

Mengusung model crossover, Hyundai Kona kini dibanderol dengan harga Rp 697 juga on the road (OTR) namun saat ini memang didatangkan secara impor.

Baca Juga: Hyundai Perkenalkan Teknologi Connected Car Service Hyundai Bluelink di GIIAS 2021

Hyundai juga membawa Kona Electric yang ditandatangani Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Ulsan, Korea Selatan pada 26 November 2019.

Sementara Hyundai Ioniq yang bermodel sedan bertenaga full listrik ini dibanderol dengan harga Rp 624 - Rp 664 juta OTR. Dengan dua varian Prime dan Signature, juga 4 pilihan warna.

Selain itu, Hyundai juga membuat pusat perhatian pengunjung dengan menampilkan mobil konsep EV Propechy dengan desain Sensuous Sportiness. Mobil listrik ini dikabarkan menggunakan tekonlogi otonom, dan dilengkapi dua joystick sebagai alat kendali mobil.

Sebagai tambahan, Hyundai juga telah berinvestasi besar di Indonesia. Bahkan sudah berkomitmen memproduksi mobil listrik di pabriknya di GIIC Deltamas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Dengan besaran sebanyak 1.000 unit EV per tahun mulai Maret 2022.

next>

Share :

Hiperon Carrier, Salah Satu Van Kargo Elektrik Terindah yang Pernah Dibuat

Dikalangan mata masyarakat mobil kargo memang tidak terlalu menarik karena tujuan utamanya memang adalah untuk kepentingan bisnis khususnya mengangkut barang. Namun, pemikiran itu kini telah diubah oleh Hiperon yang merilis sebuah mobil kargo full elektri

Read More
Kerjasama DFSK-Damri Jalani Uji Coba Elektrifikasi Kendaraan Komersial dengan Gelora E

DFSK bersama Perum Damri menjalin kerja sama elektrifikasi transportasi darat dengan menggelar uji coba DFSK Gelora E selama beberapa waktu ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengkaji peluang penggunaan mobil listrik tersebut sebagai armada usaha

Read More
Renault  Trucks Tingkatkan Kapasitas Baterai Untuk Van Listrik Master Z.E.

Renault Trucks kini telah meningkatkan kapasitas penyimpanan baterai untuk produk mobil van listriknya Master Z.E dari 33 kWh menjadi 52 kWh.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler