Swiss, MobilKomersial.com - Volvo Autonomous Solutions dan Holcim Swiss telah menjalin kerja sama untuk menguji dan mengembangkan lebih lanjut penggunaan pengangkut listrik otonom di area pertambangan.

Pengangkut listrik bersertifikasi CE (Construction Equipment) pertama di dunia akan tersedia secara komersial dan solusi otonom untuk pertambangan dan industri semen.

Presiden Volvo Autonomous Solutions, Nils Jaeger, mengungkapkan bahwa proyek ini menunjukkan solusi transportasi berkelanjutan yang layak secara komersial dan menggabungkan pergeseran teknologi konektivitas, otomatisasi, dan elektrifikasi.

"Melalui kemitraan yang kuat dengan Holcim Swiss, ini akan terjadi di lingkungan nyata yang didorong oleh dua perusahaan berkomitmen yang berdedikasi untuk bersama-sama menghadirkan masa depan," ucap Jeager mengutip laman resminya, Jum'at (05/11/2021).

Baca Juga: Gandeng LEGO Technic, Volvo CE Rilis Prototipe Konstruksi Cerdas, LX03

Pengangkut listrik yang saat ini sedang diuji di tambang Holcim Gabenchopf, Siggenthal, Swiss menandai langkah terobosan dalam industri yang tidak hanya lebih senyap dan lebih berkelanjutan daripada pengangkut konvensional, namun juga lebih aman.

CEO Holcim Swiss dan Italia, Simon Kronenberg, mengatakan bahwa dirinya senang bermitra dengan Volvo dalam proyek ini yang merupakan langkah lain untuk memenuhi tujuan keberlanjutan perusahaan.

"Kami mencari solusi yang inovatif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan kami terus berinvestasi dalam langkah-langkah untuk mengurangi jejak ekologis kami untuk membantu membangun masa depan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa logistik memainkan peran utama dalam upaya di seluruh dunia untuk mengurangi dampak terhadap iklim.

"Di sini, kami sebagai perusahaan dapat berkontribusi saat ini sambil terus bekerja pada pengembangan teknologi dan produk pengurangan CO2,” ungkapnya.

Baca Juga: Volvo CE Pasarkan Tiga Mesin Compact Elektrik Terbaru

Dan tidak kalah pentingnya, lanjutnya, adalah masalah energi terbarukan. Holcim telah menggunakan 100% energi listrik terbarukan di semua lokasi sejak tahun 2019 dan menekankan penggunaan energi hijau hanya untuk kendaraan bertenaga listrik seperti mixer truk beton listrik yang sudah ada.

Sebagai bagian dari inisiatif "Plants of Tomorrow", Holcim telah menguji teknologi otomatisasi, robotika, dan kecerdasan buatan di seluruh proses produksi untuk mengembangkan solusi inovatif untuk produksi semen yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan.

“Ambisi Volvo tidak lain adalah untuk menghadirkan masa depan solusi infrastruktur dan transportasi kepada pelanggan kami dengan cara yang layak secara komersial, dan proyek komersial inovatif ini mewakili fase selanjutnya dari perjalanan ini,” pungkas Nils Jaeger.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More