MobilKomersial.com - Saat ini pemerintah provinsi DKI Jakarta bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah menerapkan kewajiban uji emisi untuk motor maupun mobil yang berusia tiga tahun ke atas.

Bahkan, mulai tanggal 13 November 2021 mendatang, kendaraan yang tidak lulus uji emisi akan kena sanksi tilang dari polisi.

Sesuai Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama untuk mobil mesin bensin produksi di atas 2007, ambang batas emisi gas buang di Indonesia berpatokan pada parameter karbon monoksida (CO) 1,5 persen Vol dan hidrokarbon (HC) 200 ppm Vol.

Setiap kendaraan perlu melakukan pengujian emisi ini untuk mengetahui tingkat kesehatan mesin dan performanya.

Baca Juga: Inilah Salah Satu Senjata Andalan Bengkel Wealthy Service Center Merawat Mesin Mobil Customer

Pengujian ini perlu dilakukan karena memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan itu sendiri.

Namun bagi pemilik kendaraan sebetulnya tak perlu khawatir, sebab emisi gas buang kendaraan sebetulnya dapat ditekan menggunakan produk berkualitas dari Wealthy Catalytic Converter Cleaner.

Produk ini dipilih karena telah terbukti andal dalam menyaring hidrokarbon (HC) dan polutan lain yang dihasilkan oleh mesin. Wealthy Catalytic Converter juga dipilih karena terbukti mampu mencegah kerusakan komponen catalytic.

”Performa mesin kembali seperti baru dan otomatis konsumsi BBM akan menurun. Untuk mengurangi emisi gas buang dari kendaraan agar lebih ramah lingkungan,” kata Patmo Purnomo, Kepala Bengkel Wealthy Service Center kepada MobilKomersial.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penggunaan produk ini sangat disarankan jika akan uji tes emisi gas, terutama untuk mobil niaga sekaligus untuk membersihkan catalytic converter di bagian knalpot / sistem pembuangan gas.

Baca Juga: Bingung Pilih Radiator Coolant yang Bagus ? Lihat Dulu Kandungannya

Untuk diketahui, penggunaan produk ini terbilang cukup mudah. Karena pemilik kendaraan hanya perlu membuka sensor O2 pada catalytic converter. Langkah berikutnya adalah dengan menyemprotkan produk pada lubang sensor catalytic converter menggunakan selang panjang dari produk.

Setelah disemprot, pemilik kendaraan hanya perlu menunggu 5-10 menit dan kembali memasang sensor O2 dan menyalakan mesin pada posisi 2.000 rpm selama 5 menit.

Kendaraan yang lulus uji emisi tentu tidak lepas dari perawatan berkala pemiliknya. Kendaraan yang jarang mendapat perawatan tentu berisiko menyebabkan komponen mesin bermasalah yang mempengaruhi emisi gas buang yang buruk.

Share :

Oli Wealthy Vigorous SAE 10W-40, Berikan Perlindungan Ekstra pada Mesin Bermotor

Oli Wealthy Vigorous SAE 10W-40 ini memiliki spesifikasi JASO MA2, sehingga sangat cocok dipergunakan untuk sepeda motor dengan kopling basah, karena formulasi dan kekentalan olinya, mampu meingkatkan performa mesin saat melakukan akselerasi.

Read More
Wealthy Automatic Transmission Stop Seep, Balikkin Kinerja Transmisi Matik pada Mobil

Mobil dengan transmisi matik sangat memudahkan pengemudi sehingga lebih mudah dikendarai. Namun, walau perpindahan gigi transmisi dilakukan secara otomatis, tapi transmisi matik bisa mengalami kendala.

Read More
CEO Wealthy: Dengan Long Drain Interval, Oli Wealthy Mampu Bersaing di Pasar Indonesia

ealthy Group telah memberikan dukungan penuh pada Workshop Penguatan Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) Kota Depok Tahun 2021

Read More
honda

Terkini

Terpopuler