India, MobilKomersial.com - Volvo Eicher Commercial Vehicles (VECV) meluncurkan platform baru untuk sleeper bus atau bus tidur antar kota.

Dikembangkan di pabrik VECV di Hoskote, India, Sleeper bus ini dapat menampung 43 penumpang dengan ruang bagasi 11,3 m3, yang diklaim terbaik dikelasnya. Sementara versi sleepur bus menawarkan 30 tempat tidur dan menawarkan 6,5 m3 ruang bagasi.

Kursi saloon tipe teater pelatih, kursi pushback dan suasana LED memastikan perjalanan panjang yang nyaman. Tersedia pula port USB, lampu baca, speaker, dan sistem infotainment, yang menjadi fitur standar.

Baca Juga: Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Selain itu, tempat tidur dipisahkan oleh partisi tinggi penuh untuk memastikan privasi dan keamanan di lingkungan ber-AC.

MD & CEO, VE Commercial Vehicles, Vinod Aggarwal, mengatakan bahwa setahun yang lalu, dirinya mengumumkan pembentukan divisi Bus di dalam VECV dengan tujuan yang jelas untuk membentuk perkembangan di industri bus India.

"Hari ini saya dengan bangga meluncurkan rangkaian baru yang mensinergikan kehadiran lokal yang luas dan keahlian merek Eicher dalam rekayasa nilai dengan kompetensi Volvo Buses India di segmen bus premium. Produk ini benar-benar menggabungkan 'best-of-the-both-worlds," katanya dalam laman resminya, Kamis (14/10/2021).

Sementara itu, Akash Passey selaku President, Bus Division, VECV juga mngungkapkan, "Ini adalah tonggak pertama dalam upaya kami untuk menawarkan rangkaian lengkap bus ekonomi, semi premium dan premium yang disesuaikan dengan pasar di semua segmen pasar," tambahnya.

Baca Juga: Volvo Luncurkan Bus Tingkat 9700 DD, Siap Beroperasi di Kawasan Eropa

Dengan keluarnya izin nasional, lanjutnya, operator mencari bus berkualitas tinggi yang membutuhkan investasi awal yang seimbang untuk menempuh jarak yang lebih jauh dengan andal.

"Produk baru adalah jawaban sempurna untuk kebutuhan pasar yang berkembang pesat ini. Kami yakin bahwa gerbong dan tempat tidur yang dibangun sepenuhnya dari pabrik akan membuktikan alternatif yang layak untuk perjalanan kereta api dan udara, karena kualitas, keandalan, dan daya tahannya yang terbaik di kelasnya," jelasnya.

Sasis mesin bus tersebut menggunakan sasis Echier 6016 R LPO 12.4 m. Sasis berperforma tinggi ini dirancang untuk menawarkan kekuatan struktural yang lebih baik.

Dilengkapi dengan mesin VEDX5 5,1 liter yang andal, dibangun di atas platform BSVI global Volvo Group. Bus ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 210 dk dan torsi 825 Nm, tenaga ini menghadirkan kinerja tak tertandingi dan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Share :

Damri Mulai Layani Rute Bandung Menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu

Hadirnya layanan tersebut merupakan upaya Damri dalam menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat bagi warga Jawa Barat, khususnya Bandung untuk melakukan mobilitas.

Read More
PO Gunung Harta Rilis 8 Bus Baru Sekaligus Buatan Karoseri Adiputro

Perusahaan Otobus (PO) PO Gunung Harta kembali menambah armadanya dengan total delapan bus baru yang terdiri dari dua Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) dan enam Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD).

Read More
Bus Trans Banyumas Resmi Beroperasi, Catat Rutenya

Pemkab Banyumas telah meluncurkan sebanyak 52 unit armada bus Trans Banyumas yang sudah dioperasikan untuk melayani para penumpang di Kota Satria.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler