Jakarta, MobilKomersial.com - Uji KIR merupakan pemeriksaan bagian-bagian kendaraan bermotor yang dilakukan oleh pemilik kendaraan komersial sebagai tanda kelayakan. Setiap enam bulan sekali, pemilik kendaraan wajib melakukan perpanjangan uji KIR setelah uji KIR yang terakhir. 

Pemilik mobil yang lalai dapat dikenakan sanksi berupa peringatan tertulis, pembayaran denda, hingga pencabutan izin. Berbagai jenis kendaraan yang harus melakukan pengujian ini tidak lain adalah kendaraan berplat kuning seperti taksi, angkutan umum, bus dan truk.

Selain itu, kendaraan berplat hitam yang digunakan untuk mengangkut penumpang seperti mobil sewa, taksi atau ojek daring, dan ojek pangkalan juga wajib melakukan uji KIR.

Saat ini perpanjangan uji KIR dapat dilakukan secara online, salah satunya di Dinas Perhubungan Kota Jakarta melalui laman ekir.jakarta.go.id. 

  1. Berikut ini cara perpanjangan uji KIR secara online:
  2. Unduh aplikasi eKir Jakarta Booking di Play Store atau App Store;
  3. Buka aplikasi eKir Jakarta Booking lalu lakukan pendaftaran jika belum memiliki akun. Lengkapi data dan klik "register";
  4. Jika telah memiliki akun, masukkan alamat email dan password akun yang terdaftar pada laman ekir.jakarta.go.id;
  5. Daftarkan kendaraan dengan memasukkan nomor uji kendaraan lalu klik “lanjut”;
  6. Pilih lokasi uji dan jadwal uji KIR. Pada laman ini juga akan tertera data kuota layanan serta sisa kuota harian pada lokasi uji KIR yang telah pilih. Perhatikan poin ini sebelum klik “proses booking”;
  7. Periksa kembali semua data di laman rincian booking. Setelah itu, transfer biaya retribusi yang tertera pada laman. Pembayaran dapat melalui e-banking JakOne Mobil maupun ATM atau teller Bank DKI;
  8. Datang di lokasi uji KIR sesuai waktu yang telah dipilih untuk melakukan pengujian.

Share :

Simak, Begini Cara Kerja Fitur Pengereman ABS, EBD dan BA

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, ketiga teknologi di atas itu dapat menciptakan sinergi yang membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan laju kendaraan sehingga mereduksi potensi kecelakaan.

Read More
5 Langkah Tepat Yang Harus Dilakukan Pada Mobil Usai Terabas Banjir Rob

Air banjir rob biasanya lebih jernih daripada banjir lainnya. Selain itu, airnya pun memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda dari banjir jenis lain. Pasalnya, air laut pasti memiliki kadar garam yang lebih tinggi.

Read More
Pentingnya Menggunakan Engine Flush Sebelum Ganti Oli

Seiring pemakaian pastinya kondisi mesin mobil akan terbentuk deposit kotoran akibat dari oksidasi pada oli yang terjadi di ruang bakar. Oksidasi inilah yang membuat tingkat penguapan oli jadi tinggi dan kemudian terbakar akibat suhu mesin, sehingga timbu

Read More
honda

Terkini

Terpopuler