Ia menjelaskan, di perusahaannya percaya bahwa, sangat penting untuk melibatkan mereka yang akan menggunakan teknologi di awal pengembangannya. 

"Ini memungkinkan kami untuk mengetahui bagaimana mereka menanggapinya, dan jika itu adalah sesuatu yang mereka pikir dapat mereka manfaatkan," terangnya.

Dalam studi ilmiah, para peneliti di Chalmers University of Technology menyelidiki bagaimana reaksi pengemudi bus terhadap konsep dukungan pengemudi otonom yang memungkinkan bus berhenti di halte bus.

Simak juga : Volvo Luncurkan Bus Tingkat 9700 DD, Siap Beroperasi di Kawasan Eropa

Hasilnya positif dengan menunjukkan tingkat penerimaan yang tinggi dan banyak manfaat, termasuk lingkungan kerja yang lebih baik dan peningkatan keselamatan.

Sepuluh pengemudi melakukan total 250 pendekatan otonom di halte bus saat difilmkan untuk melihat apakah perhatian dan gerakan tubuh mereka berubah dari waktu ke waktu.

Pengemudi juga harus menjawab berbagai kuesioner dan diwawancarai baik sebelum dan sesudah mengemudi.

++++

Mereka menunjukkan penerimaan yang besar dari sistem dan merasa aman dan nyaman untuk digunakan.

Mikael Johansson, dari Chalmers University of Technology mengatakan, studi ini juga mengungkapkan bahwa mereka melihat banyak manfaat potensial untuk sistem. Salah satunya adalah pendekatan ke halte menjadi lebih mudah dan tepat. 

"Ketika pengemudi tidak harus fokus berada pada jarak yang tepat dari trotoar, mereka dapat memperhatikan hal-hal yang meningkatkan keselamatan penumpang baik di dalam maupun di luar bus," jelasnya.

"Beberapa pengemudi juga percaya bahwa sistem dapat berkontribusi pada ergonomi yang lebih baik dengan sedikit ketegangan di leher dan bahu," sambung dia.

Secara paralel, Volvo Bus juga melakukan studi dengan penumpang dan pengalaman mereka dengan bus otonom.

"Studi seperti ini memberikan wawasan penting tentang pekerjaan kami untuk mengembangkan solusi berkelanjutan untuk transportasi umum masa depan," kata Anna Westerberg, Presiden Volvo Buses.

Jangan lewatkan : Volvo Trucks Ungkap Spesifikasi Trio Truk Listrik FH, FM dan FMX

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
Mitsubishi Fuso Luncurkan Bus Rosa Terbaru dengan Fitur BusConnect

Heavy-duty bus ini dibandrol dengan harga 7,8 juta Yen atau sekitar Rp 1 miliar.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler