Jakarta, MobilKomersial.com – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan model baru bus Rosa. Bus light-duty ini telah tersedia melalui perusahaan penjualan MFTBC dan unit penjualan regional di seluruh Jepang sejak bulan Agustus 2021 lalu. Kendaraan ini dibandrol dengan harga 7,8 juta Yen atau sekitar Rp 1 miliar. 

Model teranyar ini hadir dengan fungsi telematika BusConnect yang dapat memberi tahu dan mengelola status operasional kendaraan kepada operator bus secara real time. Tak hanya itu, fitur telematika memungkinkan untuk memantau lokasi bus, rute, keselamatan pengemudi dan juga diagnosis jarak jauh. 

Masalah-masalah yang ada di kendaraan dapat dipantau dengan adanya fitur geofencing. Fitur ini juga memungkinkan untuk memantau habbit pengemudi dan meminimalisasi biaya operasional kendaraan.

Baca juga: Bus Swakemudi Tak Sengaja Tabrak Atlet Paralimpiade, Ini Kata Toyota

Bus Rosa memiliki Jarak sumbu roda 4.550 mm, panjang total 7.730 mm, lebar 2.010 mm dan tinggi 2.735 mm. Kendaraan komersial ini menggunakan mesin 4P10(T6) yang mampu menghasilkan tenaga hingga 173 HP dengan torsi maksimal 429 rpm. 

Rosa baru juga memenuhi berbagai persyaratan industri baru, termasuk standar J-OBD II dan peraturan kebisingan. Light-duty bus ini telah dilengkapi dengan lampu berjalan siang hari untuk meningkatkan visibilitas bahkan di siang hari. Agar pengemudi tak lupa menyalakan lampu saat malam, Rosa juga memiliki lampu otomatis yang menyala ketika malam tiba.

Baca juga: Beralih ke Bus 100% Listrik, HEAG Mobilio Pilih Mercedes-Benz eCitaro Jadi Kendaraan Publik

MFTBC juga melengkapi Rosa dengan pengingat sabuk pengaman co-driver untuk keamanan yang lebih baik. Rosa sekarang mematuhi peraturan sabuk pengaman wajib Jepang untuk kursi tambahan dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang sesuai dengan standar terbaru untuk pencegahan kebocoran bahan bakar.

Bus terbaru dengan 29 kursi ini tersedia dalam dua warna: biru laut dan kuning madu. Bus ini cocok digunakan untuk angkutan umum atau bus sekolah. Rosa akan terus berkembang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman, efisien, dan lebih nyaman bagi semua orang.

Share :

Damri Mulai Layani Rute Bandung Menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu

Hadirnya layanan tersebut merupakan upaya Damri dalam menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat bagi warga Jawa Barat, khususnya Bandung untuk melakukan mobilitas.

Read More
PO Gunung Harta Rilis 8 Bus Baru Sekaligus Buatan Karoseri Adiputro

Perusahaan Otobus (PO) PO Gunung Harta kembali menambah armadanya dengan total delapan bus baru yang terdiri dari dua Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) dan enam Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD).

Read More
Bus Trans Banyumas Resmi Beroperasi, Catat Rutenya

Pemkab Banyumas telah meluncurkan sebanyak 52 unit armada bus Trans Banyumas yang sudah dioperasikan untuk melayani para penumpang di Kota Satria.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler