Jakarta, MobilKomersial.com – Beberapa waktu lalu Scania mengirimkan truk plug-in-hybrid (PHEV) ke HAVI di Stockholm. Perusahaan global swasta yang berfokus pada inovasi, pengoptimalan dan pengelolaan rantai pasok merek terkemuka ini bakal menggunakan truk Scania untuk operasi reguler. Truk hybrid ini juga bakal terlibat di dalam uji coba beberapa proyek penelitian. 

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1974 ini telah melakukan pengiriman malam hari di Stockholm sejak 2019, menghasilkan emisi karbon dioksida, nitrogen oksida, dan partikel yang lebih rendah. Apa yang dilakukan HAVI tersebut diklaim sebagai upaya efisiensi transportasi dari pengiriman di luar jam sibuk. 

Truk baru adalah versi upgrade dari yang sudah digunakan. Kali ini, HAVI memiliki unit pendingin hybrid yang dapat ditenagai oleh listrik. Ia juga memiliki sistemnya sendiri, baterainya sendiri, untuk membuatnya tetap senyap. 

Baca juga: Scania Kembangkan Truk Listrik Jarak Jauh, Mampu Beroperasi di Bawah Kabel Jalan

Pengiriman dibuat lebih senyap dengan penggunaan material senyap untuk tail lift dan lantai. Dari perspektif lingkungan kerja, ini adalah pertama kalinya HAVI mencoba kabin low-entry. 

“Ini akan dievaluasi oleh pengemudi kami,” kata Camilla Eklöf, Nordic Quality & Sustainability Manager di HAVI. “Jangkauannya kali ini jauh lebih panjang, hingga 60 km. Kami akan belajar dari itu, dan menggunakan temuan kami untuk mengoptimalkan elektrifikasi di kota dan bahkan lebih jauh dari pusat,” kata Eklöf.

Tak hanya itu, Scania juga bakal dilibatkan dalam proyek zona lalu lintas perkotaan yang cerdas di mana kota Stockholm menciptakan platform IoT untuk mencoba geofencing dinamis, dengan sensor di Hornsgatan, salah satu jalan ibu kota yang paling padat lalu lintasnya, yang memberi tahu pengemudi untuk mengemudi lebih lambat. 

 

Share :

Ingin Jajal Nikola Tre, Hamburg Port Authority Tandatangani MoU Bersama Iveco dan Nikola Corporation

Nikola Tre merupakan truk listrik hasil dari kolaborasi antara Iveco dan startup Nikola Corporation.

Read More
Scania Hadir di MINExpo 2021, Tawarkan Truk Tambang Minim Emisi

Semua truk pertambangan Scania dapat ditenagai oleh mesin Euro 5 atau 6

Read More
Daimler Indonesia Kenalkan Fitur Keselamatan Baru Pada Truk Mercedes-Benz

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan fitur keselamatan baru pada truk heavy duty Mercedes-Benz Actros dan Arocs. Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain MirrorCam, yang membantu pen

Read More