Jakarta, MobilKomersial.com – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia alat berat di Indonesia menghadirkan versi terbaru truk tambang Cat 777E. Pembaruan pada alat berat ini adalah dari sisi peningkatan performa dan kinerja. Meski demikian, salah satu pembaruan penting dari Cat 777E adalah lebih hemat bahan bakar. 

Cat 777E merupakan off-highway truck yang sering digunakan di pertambangan. Trakindo mengklaim, truk tambang versi terbaru ini menawarkan muatan tertinggi di kelasnya, yakni 98,2 ton. Peningkatan kinerja dan efisiensi bahan bakar adalah kunci dari produk terbaru ini. 

Dari sisi teknologi, truk ini terintegrasi dengan sejumlah teknologi baru Cat yang membantu meningkatkan efisiensi pengangkutan dan peningkatan umur kendaraan. Adapun teknologi yang digunakan adalah Advanced Productivity Electronic Control Strategy (APECS) untuk meningkatkan koordinasi transmisi dan mesin sehingga dapat memanfaatkan tenaga mesin dengan lebih baik.

Baca juga: Trio Dozer Cat Punya HP 8-10% Lebih Tinggi Dibanding Generasi Sebelumnya

Truk tambang ini dilengkapi dengan mesin C32 yang diperbarui. Cat 777E memiliki torsi yang lebih tinggi 7% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Peningkatan torsi ini membuat daya tarik dan kecepatan truk tambang ini meningkat di tanjakan. Juga dengan fitur 2nd gear drive yang mengurangi waktu akselerasi dengan membuat truk langsung berada di gigi kedua saat kondisi tertentu. 

Fitur ini memungkinkan truk mencapai kecepatan optimal lebih cepat, menurunkan waktu siklus, dan meminimalkan jumlah perpindahan transmisi serta lebih hemat bahan bakar.

Peningkatan efisiensi bahan bakar juga didukung adanya Adaptive Eco Mode (beserta mode lain yaitu Power dan ECO) yang memungkinkan pelanggan untuk mengurangi tenaga mesin (engine power) sebesar 0.5 hingga 15% yang disesuaikan dengan keadaan lapangan. Selain itu ada pula fitur Auto Neutral Idle yang secara otomatis akan menggeser transmisi ke kondisi seperti netral jika mesin dalam posisi idle (diam) saat sedang di “D”.

Baca juga: Permudah Dorong Material, Trakindo Luncurkan Trio Dozer Cat

Pembaruan yang ada di fitur keselamatan adalah peningkatan visibilitas dengan adanya paket spion baru yang memudahkan dan memperluas pandangan ke arah belakang. Selain itu, truk ini juga dilengkapi dengan kursi baru Cat Comfort Seat. Kemudian ada tuas transmisi dan tuas pengangkat (hoist lever) yang terintegrasi, sehingga mudah dikontrol dan intuitif. 

Untuk mempermudah pekerjaan operator, truk ini dilengkapi dengan operator interface yang dilengkapi touchscreen, dengan user interface yang lebih baik dan berukuran lebih besar sehingga lebih mudah dibaca. 

Baca juga: Truk Raksasa Ini Ngapain Ada di IIMS 2019?

”Kami percaya bahwa Cat 777E akan menjawab kebutuhan pelanggan dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja, dan kami yakin dengan terus menghadirkan teknologi terdepan, kami akan memenuhi keperluan dan kepuasan pelanggan,” kata Haris Dini Muharyanto, Product Manager Trakindo dalam rilis yang diterima MobilKomersial.com, Kamis (19/9/2021). 

 

Share :

Ingin Jajal Nikola Tre, Hamburg Port Authority Tandatangani MoU Bersama Iveco dan Nikola Corporation

Nikola Tre merupakan truk listrik hasil dari kolaborasi antara Iveco dan startup Nikola Corporation.

Read More
Scania Hadir di MINExpo 2021, Tawarkan Truk Tambang Minim Emisi

Semua truk pertambangan Scania dapat ditenagai oleh mesin Euro 5 atau 6

Read More
Daimler Indonesia Kenalkan Fitur Keselamatan Baru Pada Truk Mercedes-Benz

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan fitur keselamatan baru pada truk heavy duty Mercedes-Benz Actros dan Arocs. Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain MirrorCam, yang membantu pen

Read More