Jakarta, MobilKomersial.com - Masyarakat DKI Jakarta yang hendak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) harus memiliki dan menunjukkan surat vaksinasi minimal dosis pertama.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syamsul, yang mengatakan bahwa penumpang yang belum divaksin atau tidak dapat menunjukkan bukti sudah divaksin, maka dilarang melanjutkan perjalanan meskipun mengantongi bukti tes negatif Covid-19.

"Selain kartu vaksin, penumpang juga wajib membawa surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan," ujarnya, Rabu (11/8/2021).

Baca juga : PPKM Level 4 Diperpanjang, Naik Transjakarta Wajib Tunjukkan Surat Vaksinasi

Dia menambahkan, syarat dan ketentuan tersebut tidak hanya untuk penumpang saja, tetapi juga berlaku bagi pengemudi dan kru bus di terminal tipe A.

"Awak bus harus ada sertifikat vaksin dan wajib dilakukan usap antigen minimal dua hari. Pemeriksaan kelengkapan juga berlaku untuk mereka," kata Syamsul.

Adapun ketentuan ini berlaku di terminal tipe A, yakni Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Terpadu Pulogebang.

Simak juga : Layanan Purna Jual Mitsubishi #STAYWITHMI, Berikut Sederet Keuntungan yang Didapat Pelanggan

Nantinya, petugas akan memeriksa kelengkapan persyaratan penumpang ke dalam bus yang akan berangkat. 

Para penumpang dapat menunjukkan sertifikat vaksin yang berupa kartu, lembaran surat atau melalui aplikasi PeduliLindungi. 

"Syarat perjalanan jarak jauh, yaitu kartu vaksin dan hasil negatif tes PCR atau antigen sesuai ketentuan. Kalau aglomerasi syaratnya itu STRP atau surat keterangan pemda setempat kalau luar DKI," terangnya. 

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler