Jakarta, MobilKomersial.com – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada tanggal 12-20 Juli 2021 dan libur Idul Adha 19-25 Juli 2021 berkontribusi menurunkan mobilitas masyarakat hingga 30-86%.

”Jika dibandingkan mobilitas masyarakat sebelum adanya SE Satgas 14 dan 15, terjadi penurunan yang cukup signifikan di semua moda transportasi baik di darat untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum, laut, udara, dan kereta api,” ucap Adita dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Tercatat penurunan jumlah pergerakan penumpang harian di wilayah Jawa dan Bali mencapai 80,8% (dari rata-rata sekitar 61 ribu penumpang per hari menjadi sekitar 11 ribu penumpang per hari. Sementara untuk pergerakan penumpang di wilayah luar Jawa dan Bali penurunannya mencapai 74,5% (dari rata-rata sekitar 63 ribu penumpang, menjadi sekitar 16 ribu penumpang). 

Baca juga: Begini Aturan Perjalanan Pasca PPKM Darurat

Untuk moda transportasi darat, pergerakan penumpang Bus harian yang berangkat di 31 Terminal Tipe A penurunannya mencapai 42,36 persen (dari sekitar 43 ribu penumpang menjadi sekitar 25 ribu penumang). 

Sedangkan untuk kendaraan pribadi, dari pantauan lalu lintas kendaraan di 4 (empat ) ruas jalan tol yaitu, Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi, tercatat volume lalu lintas yang ke arah luar Jabodetabek penurunannya mencapai 30 persen (dari sekitar 119 ribu kendaraan menjadi sekitar 84 ribu kendaraan), sementara yang masuk ke arah Jabodetabek penurunannya mencapai 33 persen (dari sekitar 123 ribu kendaraan menjadi sekitar 83 ribu kendaraan).

Share :

Kendaraan Listrik Otonom Resmi Beroperasi, Menhub: Suatu Keniscayaan yang Terjadi

Penggunaan kendaraan listrik otonom memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional berbahan bakar fosil.

Read More
Toyota Resmikan xEV Center, Keseriusan Dalam Menyambut Era Elektrifikasi

Dengan hadirnya xEV Center juga nantinya akan menjadi fasilitas edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh publik baik bagi pemerintah, akademisi, siswa sekolah, dan masyarakat umum.

Read More
Mengenal Suzuki Smart Hybrid, Teknologi Elektrifikasi Baru Suzuki

Dalam menciptakan kendaraan yang efisien, kompak, dan memiliki durabilitas yang tinggi, Suzuki terus fokus dan konsisten mengembangkan teknologi baru yang ramah lingkungan

Read More