Jakarta, MobilKomersial.com – Agar kendaraan nyaman saat digunakan, hal yang paling penting untuk selalu dicek kondisinya adalah suspensi kendaraan atau kaki-kaki. Agar perawatan suspensi kendaraan dapat lebih efisien, pemilik kendaraan perlu mengecek per bagian komponen secara bertahap. 

Workshop Head Astra Peugeot Sunter Roni agung menuturkan, banyak komponen pada bagian dalam kaki-kaki kendaraan yang juga tersusun dalam beberapa komponen. 

Menurutnya, untuk merawat kaki-kaki kendaraan, bengkel resmi Peugeot memiliki SOP tersendiri untuk mengecek bagian kaki-kaki secara bertahap. Dari hasil pengecekan tersebut, kata Roni, didapatkan gambaran kondisi kendaraan, waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. 

Baca juga: Astra Peugeot Berikan Potongan Service 25% untuk Unit Peugeot Lawas

Dilansir dari laman resmi Astra Peugeot, bagian pertama yang perlu dilihat adalah kondisi tie rod dan ball joint. Kedua komponen ini adalah bagian terpenting karena berkaitan langsung dengan arah roda. 

Tie Rod berfungsi menghubungkan roda kemudi ke ban agar bisa belok ke kanan dan kiri. Sedang ball joint sebagai sumbu roda atau pengikat antara as roda (knuckle) dengan arm (sayap), menjadi tumpuan roda saat berbelok ke kanan atau kiri.

”Mendeteksi kerusakannya dapat dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda. Jika timbul suara aneh, dapat dipastikan bantalan bola sudah mulai kendor (aus). Permukaan Tie rod dan ball joint sudah berubah atau tidak halus, juga penanda bahwa komponen sudah aus dan harus segera diperbaki,” imbuhnya.

Baca juga: Tips Membersihkan Kolong dan Spakbor Ala Peugeot

Bagian lain yang juga perlu dicek adalah shockbreaker. Komponen ini berfungsi untuk meredam guncangan ketika roda melewati jalan yang tidak stabil atau rata. Pengecekan komponen ini dapat dilakukan dengan cara mendengarkan suara yang keluar ketika mobil dikendarai. Terlebih jika pada saat melintas jalan tak rata, terjadi guncangan di dalam kabin menandakan komponen ini sudah tidak sehat. 

Kemudian bagian bushing stabilizer serta bushing arm perlu dicek. Komponen ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan suspensi bagian kiri dan kanan. Masalah pada komponen ini dapat diketahui dengan cara mendengarkan apakah ada suara mendecit atau gemuruh ketika mengerem. 

Baca juga: Jajal Pasar Komersial, Peugeot Perkenalkan Pikap Landtrek, Berikut Spesifikasinya

Sedang bushing arm berfungsi sebagai titik tumpu antara roda dengan lengan pencengkeramnya. Jika komponen tersebut mulai rusak, kinerjanya sebagai pendukung kerja suspensi mobil pun akan berkurang kenyamanannya.

Tidak lupa untuk mengecek bagian bearing atau bantalan roda. Fungsi dari komponen ini adalah menjaga kestabilan laju mobil. Kemudian pengecekan diakhiri dengan melihat tapak ban mobil. Pada pengecekan ini perlu dipastikan apakah bagian tapak ban sudah banyak terkikis atau tidak.  

 

Share :

Kerja di Rumah Lagi, Coba Bersihkan Air Flow Sensor Biar Kinerja Mesin Mobil Optimal

Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sensor elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke dalam mesin.

Read More
Perhatikan Baik-baik Bahaya Membawa Muatan Berlebih pada Mobil Pikap

Penggunaan mobil pikap sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Read More
Mau Gowes Nyaman, Perhatikan Tips Bawa Sepeda Menggunakan Mobil

Untuk menuntaskan hasrat bersepeda dengan persiapan matang, beberapa persiapan perlu Anda lakukan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler