Jakarta, MobilKomersial.com – Scania menguji serta mengoperasikan bus jarak jauh bertenaga biogas di rute Stockholm-Oslo. Pada uji coba kali ini, Scania berkolaborasi dengan penyedia angkutan Flixbus dan pemasok gas Gasum. 

Selama ini bus kota dan kendaraan ringan menggunakan biogas dalam bentuk terkompresi. Meski demikian, bahan bakar biogas belum pernah digunakan pada kendaraan berat dan jarak jauh. 

Uji penggunaan biogas pada kendaraan berat jarak jauh ini dilakukan karena saat ini teknologi telah dikembangkan untuk mendinginkan biogas hingga sekitar minus 160 derajat celcius sehingga menjadi cair dan lebih padat energi. Selain itu, penggunaan biogas cair diklaim dapat mengurangi dampak iklim dan berkontribusi pada transportasi bebas fosil. 

Baca juga: Banyak Baterai Mobil Listrik Tak Ramah Lingkungan, Ini Cara Scania Jadi Truk Hijau 2030

Pasalnya, kualitas udara secara umum juga dipengaruhi secara positif oleh pengurangan emisi partikel dan nitrogen oksida (NOx), dan kendaraan yang lebih tenang menguntungkan pengemudi dan penumpang, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu, keuntungan konvesi bahan bakar fosil ke bahan bakar biogas adalah memberikan efisiensi ke penyedia jasa angkutan hingga 90%. 

Dilansir dari laman resmi Scania, penggunaan biogas di Eropa saat ini tengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Masifnya penggunaan bahan bakar biogas ini juga dikarenakan UE telah memutuskan menyediakan titik pengisian bahan bakar di sepanjang jaringan jalan utama Eropa. 

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Scania 5 Kali Sabet Gelar “Truk Hijau” di Kompetisi Efisiensi

Saat ini, 17% jaringan gas Eropa adalah biogas, dan meningkat pesat, secara aktif berkontribusi pada pengurangan emisi CO2. Bahkan pangsa pasar bahan bakar gas di Swedia berkisar hingga 95%.

Menurut Jonas, biogas bukan hanya bahan bakar dengan emisi CO2 terendah tapi juga memecahkan masalah limbah lokal dan menciptakan lapangan kerja lokal serta membawa karbon dan nutrisi kembali ke tanah. 

“Biogas akan menjadi salah satu alat utama untuk dekarbonisasi transportasi tugas berat – terutama untuk operasi jarak jauh seperti antar kota dan pengangkutan jarak jauh. Setengah dari armada gas tugas berat Eropa dapat ditenagai oleh biogas pada tahun 2025,” Imbuh Jonas.

 

Share :

VWCV Kembali Selenggarakan Festival Bus VW pada 15-17 Juli 2022

VWCV undang penggemar VW Bulli ke Festival Bus VW

Read More
Arrival Siap Operasikan Armada Bus Listrik untuk Wisata Disneyland di California

Perusahaan kendaraan listrik komersial yang berbasis di Inggris, Arrival, dipilih untuk membangun bus listrik untuk Kota Anaheim, California, Amerika Serikat.

Read More
Inilah Tampang Bus Klub Sepakbola Rans Cilegon FC Berbalut Jetbus 3+ HDD

Bus untuk armada klub sepakbola Rans Cilegon FC milik Raffi Ahmad dan Prestige Image Motorcars telah selesai diproduksi.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler