Jakarta, MobilKomersial.com – Potensi pasar kendaraan komersial bertenaga listrik semakin menjanjikan. Pabrikan kendaraan asal Korea, Hyundai, berusaha menangkap peluang ini dengan menjalin kerja sama dengan Operator bus di Jerman dalam rangka menjalankan uji coba bus Elec City Fuel Cell bertenaga hidrogen. 

Dilansir dari laman resminya, Hyundai menyerahkan bus uji kepada dua operator bus, yakni: Busbetrieb Josef Ettenhuber GmbH (Ettenhuber) dan Geldhauser Linien- und Reiseverkehr GmbH & Co. KG (Geldhauser) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen OMV di Wendling, Irschenberg. 

Kedua operator bus tersebut akan bergantian menjalankan bus Elec City Fuel Cell pada rute yang ada di Munich untuk membawa penumpang sebenarnya. Keduanya juga bakal menguji apakah bus dapat menempuh jarak lebih dari 500 kilometer saat terisi penuh.

Baca juga: Begini Cara Hyundai Buat Desain “Masa Depan” Pada Eksterior Staria

Usai percobaan ini sukses, Hyundai juga berencana bakal menjalankan demo kepada empat operator bus lainnya di tahun yang sama. Respon dari masing-masing perusahaan dan pengemudi akan ditampung untuk dijadikan masukan. Harapan dari demo ini adalah untuk membuktikan bus bertenaga hidrogen sebagai solusi yang layak dan efisien untuk transportasi komersial. 

Bus hidrogen ini mampu menghasilkan tenaga 241 HP yang terdiri dari dua sel bahan bakar hidrogen 120 HP yang dilengkapi dengan lapisan difusi hidrogen yang tahan lama dan membran elektrolit. Bus ini dilengkapi dengan lima tangki hidrogen yang mampu menjangkau 500 km.

Sebelumnya, Elec City Fuel Cell telah tersedia secara komersial di Korea sejak 2019 dan total 108 unit telah dioperasikan. Bus bertenaga hidrogen ini diklaim mampu mengurangi emisi karbon hingga saat ini sekitar 7.700 ton dibandingkan dengan bus pembakaran internal. 

Baca juga: Inilah Tampang dan Pembaruan Produk Teranyar Hyundai New Santa Fe

Setiap tahun, bus Sel Bahan Bakar Kota Elec yang saat ini beroperasi diharapkan dapat mengurangi emisi karbon dengan jumlah setara CO2 yang diserap dalam setahun dengan 1.500 hektar hutan.

“Dengan teknologi sel bahan bakar terdepan kami, Hyundai Motor menunjukkan bagaimana bus Elec City Fuel Cell yang diproduksi secara massal dapat membantu mengurangi emisi CO2 sambil memberikan mobilitas yang bersih,” kata Martin Zeilinger, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Unit Teknologi Pengembangan CV. 

 

Share :

Powertrain Jadi Kunci Bus Scania Coach Hemat Bahan Bakar Hingga 5%

selama tiga tahun lebih tim R&D Scania menemukan inovasi penghematan bahan bakar hingga 5%.

Read More
Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More