London, MobilKomersial.com - Transport for London (TFL) akan menambah 20 unit bus tingkat (bus double decker) berbahan bakar hidrogen.

Bus tingkat hidrogen baru ini disebut akan menjadi yang pertama di Inggris dengan nol emisi gas buang dan minim getaran.

Satu-satunya yang keluar dari bus adalah air dari reaksi kimia hidrogen dengan oksigen, sebuah proses yang menghasilkan listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan bus.

Wali Kota London, Sadiq Khan saat meluncurkan bus tingkat hidrogen di Ealing, mengatakan, bahwa investasinya dalam bus ramah lingkungan tersebut tidak hanya membantu membersihkan udara Kota London, tapi juga mendukung pekerjaan dan ekonomi di seluruh Inggris.

"Ini adalah demonstrasi hebat tentang bagaimana mengatasi polusi udara dan krisis iklim serta mendorong pertumbuhan ekonomi adalah tentang kerja sama kawasan, berinvestasi dalam teknologi terbaru," tuturnya seperti dikutip dari laman cityam.com, Rabu (23/6/2021).

Baca juga : Bus Listrik Avenue EV Siap Diproduksi Massal

Bus yang diproduksi oleh Wrightbus di Irlandia Utara dan tabung gasnya diproduksi oleh Luxfer di Nottingham ini awalnya akan diperkenalkan pada rute 7 antara East Acton dan Oxford Circus.

Menariknya, proses yang lebih ramah lingkungan juga akan digunakan mulai tahun 2023, dengan sel diproduksi melalui elektrolisis yang ditenagai oleh pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai.

Share :

Powertrain Jadi Kunci Bus Scania Coach Hemat Bahan Bakar Hingga 5%

selama tiga tahun lebih tim R&D Scania menemukan inovasi penghematan bahan bakar hingga 5%.

Read More
Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More