Jakarta, MobilKomersial.com – Kerja sama dalam bidang pengadaan kendaraan komersial untuk kebutuhan militer dan sipil masih terus dilakukan dengan dengan berbagai negara di dunia. Salah satu negara yang baru-baru ini membuka pembicaraan untuk kerja sama terkait pengadaan kendaraan komersial untuk keperluan sipil dan militer adalah Ukraina. 

Wacana kerja sama antara Indonesia dan Ukraina telah dibicarakan sejak bulan Juni 2020 silam. Pihak CEO AvtoKrAZ dan pemerintah daerah Poltana pernah membicarakan kemungkinan kerja sama dengan Indonesia melalui Kedutaan Besar RI (KBRI) Kyiv, Ukraina. 

Sebelumnya, keinginan AvtoKrAZ untuk menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia telah direncanakan sejak tahun 2013 silam. Dilansir dari Steel Character Magazine, upaya AvtoKrAZ memperluas kehadirannya di Asia diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian dengan Agritrade International AGT Equipment Pte Ltd, Singapura, untuk mempromosikan truk KrAZ di pasar Indonesia, Singapura, Malaysia dan Myanmar.

Baca juga: 473 Unit Bus Nefaz Laris Manis Diborong BUMN Mosgortrans

Executive Director Agritrade International Pte Ltd Ng Xinway mengatakan, KrAZ adalah salah satu dari sedikit merek kontinental yang mampu membangun kehadiran yang kuat di Asia Tenggara, dan AGT yakin merek ini memiliki potensi besar di Asia. 

”Kami sangat percaya pada daya tarik truk karena fungsionalitasnya yang tinggi, kemudahan servis, dan kemampuan beradaptasi di berbagai medan dan kondisi. Pertama dan terpenting, AGT Equipment bertujuan untuk membangun kesadaran merek melalui partisipasi dalam pameran dan pameran dagang, menyelenggarakan uji coba dan bekerja sama dengan perusahaan lokal yang mapan untuk membawa truk KrAZ di armada mereka,” kata Ng Xinway.

Menurutnya, dalam jangka panjang, AGT Equipment membayangkan membangun pabrik perakitan inti regional di Indonesia dan membangun jaringan showroom dan gudang di lokasi strategis di seluruh negeri di mana perusahaan telah mencapai angka penjualan yang tinggi dan memperoleh pangsa pasar yang besar.

Baca juga: Kamaz 4326, Monster Ganas yang Ikut Dakar Rally dari Negeri Beruang Merah

Sebelumnya, telah dilakukan kerja sama dan uji coba yang dilakukan di sebuah tambang di Baturaja, Sumatera Selatan selama empat minggu. Truk sampah KrAZ-65032 (6x6) dan KrAZ-65055 (6x4) akan menjalani serangkaian pengujian. Selanjutnya, truk tersebut akan diuji bersama dengan truk KrAZ C20.2M di tambang milik Agritrade sendiri di Tamiang Layang, Kalimantan Tengah.

Adapan Dump Truk KrAZ-65032 (6x6) yang diperkirakan bakal dijual di Indonesia ini dibekali dengan mesin diesel turbocharged YaMZ-238DE2 yang mampu menghasilkan tenaga 300 HP untuk mengangkut 1,7 ton. 

Kendaraan lain tipe serupa yang juga akan didatangkan adalah KrAZ-65055 (4x4) dengan mesin yang tidak jauh berbeda dengan KrAZ -65032 yang mampu menghasilkan tenaga 300 HP dengan daya angkut mencapai 1,6 ton. 

Selain itu, truk yang juga diperkirakan akan datang adalah KrAZ C20.2M. Truk ini menggunakan mesin YAMZ-6501.10 yang mampu menghasilkan tenaga 362 HP dan mampu mengangkut beban hingga 2 ton. 

Kendaraan lain yang diperkirakan bakal dibawa ke Indonesia adalah truk kayu KrAZ-6233M6 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 300 HP dan mampu mengangkut beban hingga 1,65 ton. 

Share :

Volvo FH16 dan FMX Resmi Diluncurkan, Apa Saja Peningkatan Performanya

Unit truk teranyar dari Volvo ini memiliki banyak perubahan baik dari segi interior dan eksterior.

Read More
Ingin Jajal Nikola Tre, Hamburg Port Authority Tandatangani MoU Bersama Iveco dan Nikola Corporation

Nikola Tre merupakan truk listrik hasil dari kolaborasi antara Iveco dan startup Nikola Corporation.

Read More
Scania Hadir di MINExpo 2021, Tawarkan Truk Tambang Minim Emisi

Semua truk pertambangan Scania dapat ditenagai oleh mesin Euro 5 atau 6

Read More