Jakarta, MobilKomersial.com – Kebutuhan akan kenyamanan ekstra di dalam truk membuat konsumen Scania terus mendesak adanya penambahan panjang kabin. Pemajangan yang dilakukan kali ini adalah untuk seri R dan S di mana seri ini sendiri adalah untuk segmen on-road jarak jauh yang premium. 

Senior Vice President Head of Scania Trucks Stefan Dorski mengatakan, pengenalan Scania CR23 dan CS23 meningkatkan standar truk premium ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Menurut Dorski, Scania bakal memadukan beberapa kemungkinan dari Scania CrewCab ke dalam kabin premium kami di seri R dan S. Dengan melakukan itu, lanjut Dorski, Scania bakal menambahkan ruang luas untuk meningkatkan kenyamanan.

Sebelum mendapat penambahan panjang, seri S premium sudah memiliki lantai datar dan telah diakui keluasan kabin truk ini. Pemanjangan panjang itu membuat Scania menjadi “taksi impuan” bagi pengemudi jarak jauh. Adanya pemanjangan itu, pengemudi truk bakal mendapatkan ruang istirahat yang luas dengan lebar 100 cm.  

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Scania 5 Kali Sabet Gelar “Truk Hijau” di Kompetisi Efisiensi

Pihak Scania menilai penambahan panjang 27 cm dari panjang awal 200 cm (dikukur dari pedal ke dinding belakang) bukanlah perubahan kecil. Karena jika dihitung penambahan 27 cm itu sama dengan 13% dan akan membuat perubahan.  

“Manfaat yang paling nyata tentu saja bagi pengemudi jarak jauh, mereka selalu mencari solusi premium yang nyaman. Apakah mereka menggunakan ruang untuk mendapatkan lebih banyak ruang secara umum atau untuk memilih tempat tidur yang lebih luas, atau keduanya, masih harus dilihat. Pengguna lain dapat ditemukan di aplikasi seperti sekolah mengemudi, truk pertahanan, dan truk pemulihan. Serta yang terakhir akan dapat mengangkut penumpang dari kendaraan yang rusak,” jelas Dorski.

Baca juga: Scania P360CB 6x4 dan P410CB 8x4, Dua Truk Andalan di Tambang Batu Bara

Ruang ekstra dibuat dengan menambahkan komponen kabin yang ada, yang dimungkinkan berkat sistem modular Scania yang terkenal. Pengiriman pertama ke pelanggan dijadwalkan berlangsung pada Q32021. Pemanjangan ini bakal ditangani oleh anak perusahaan Scania, Lax Special Vehicles. 

“Rencana Scania adalah membuat ‘taksi’ ini disertifikasi dengan WVTA di Q4 tahun ini. Beberapa negara awalnya akan memiliki kendaraan ini disertifikasi secara terpisah di pasar masing-masing,” tutupnya.

 

Share :

Ingin Jajal Nikola Tre, Hamburg Port Authority Tandatangani MoU Bersama Iveco dan Nikola Corporation

Nikola Tre merupakan truk listrik hasil dari kolaborasi antara Iveco dan startup Nikola Corporation.

Read More
Scania Hadir di MINExpo 2021, Tawarkan Truk Tambang Minim Emisi

Semua truk pertambangan Scania dapat ditenagai oleh mesin Euro 5 atau 6

Read More
Daimler Indonesia Kenalkan Fitur Keselamatan Baru Pada Truk Mercedes-Benz

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan fitur keselamatan baru pada truk heavy duty Mercedes-Benz Actros dan Arocs. Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain MirrorCam, yang membantu pen

Read More
honda

Terkini

Terpopuler