Jakarta, MobilKomersial.com – Sadar akan kontribusi kendaraan niaga pada pencemaran lingkungan mendorong Hankook Tire mengajak pemilik kendaraan komersial seperti bus dan truk untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan meminimalisasi pencemaran udara. 

Berdasarkan laporan Komite Penghapusan Bensin Bertimbal, kendaraan niaga seperti bus dan truk memiliki kontribusi yang cukup besar sebagai penghasil CO2. Di Jakarta, kendaraan niaga seperti truk berkontribusi sebesar 145.778 ton CO2 per hari. Sedangkan bus berkontribusi sebesar 106.057 ton CO2 per hari. 

Baca juga: Truk Pengangkut Barang Mesti Tetap Waspada Saat Berkendara di Momen Lebaran 1442 H

Meski pencemaran udara akibat kendaraan komersial tidak dapat dihindari, namun Hankook mengajak pemilik kendaraan komersial berkontribusi dalam mengurangi sumbangsih emisi dengan memilih ban yang tepat agar dapat menghemat konsumsi bahan bakar. 

”Ban adalah komponen langsung yang bergesekan dengan permukaan jalan. Salah satu fungsi ban adalah meneruskan tenaga dari mesin yang disalurkan melalui sistem penggerak kendaraan. Saat ban bergulir di jalan, energi mekanik akan berubah menjadi panas dan bahan bakar diperlukan untuk mengganti energi yang hilang tersebut,” kata Ahmad Juweni, National Sales Manager Truck & Bus Radial (TBR) dalam rilis yang diterima MobilKomersial.com, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Agar Selamat, Sopir Truk Perlu Tau Kode di Dinding Ban, Begini Penjelasan dan Tips dari Hankook

Agar dapat maksimal dalam menghemat BBM, Ahmad menyarankan agar pemilik kendaraan memilih ban yang tepat seperti ban radial tipe tubeless. Ban jenis ini, kata Ahmad, tidak memerlukan ban dalam sehingga lebih ringan dan membutuhkan sedikit energi serta BBM untuk memutar ban. 

Hal lain yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan niaga dalam memilih ban adalah dari telapak ban berdasarkan medan yang dilalui. Jika akan melalui medan off-road, disarankan memilih tipe kasar yang notabene memiliki traksi lebih baik. 

next>

Share :

Dua Cara Sederhana Pertahankan Harga Jual Kembali Mobil Tetap Tinggi

Secara umum, ada dua cara sederhana untuk mempertahankan harga jual kembali mobil kita agar lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasarannya.

Read More
Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
Kerja di Rumah Lagi, Coba Bersihkan Air Flow Sensor Biar Kinerja Mesin Mobil Optimal

Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sensor elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke dalam mesin.

Read More