Jakarta, MobilKomersial.com – Di tengah keterpurukan sektor transportasi dan pariwisata akibat Covid-19, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pelaku usaha travel agent untuk terus bergerak dan berinovasi untuk bersama. 

Menhub menuturkan, keterpurukan di masa pandemi harus diambil hikmahnya dan terus bergerak melakukan terobosan dan inovasi yang bermakna. 

Ia juga menyatakan, adanya pembatasan kapasitas penumpang dan pembatasan lainnya di sektor transportasi dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Dukung Sektor Pariwisata, Damri Bangun 15 Rute di KSPN

”Kita lakukan pembatasan mudik sehingga pergerakannya hanya 10% saja. Penerbangan internasional juga kita batasi, sehingga tidak ada lagi travel yang dicarter. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa negara kita termasuk negara yang sunguh-sungguh dalam menghadapi Covid-19,” tutur Menhub.

Menhub mengklaim, Indonesia menjadi salah satu negara yang dianggap cepat bangkit dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

“Sekarang hasilnya terlihat relatif lebih baik, dibandingkan dengan Malaysia dan Filipina mungkin yang lebih baik dari kita hanya Vietnam dan Singapura. Keberhasilan ini harus disyukuri,” ungkap Menhub.

Baca juga: Siap Dukung Sektor Pariwisata Nasional, Inilah Sederet Keunggulan DFSK Gelora E

Untuk membenahi sektor pariwisata, lanjut Menhub, pihaknya melakukan sejumlah trobosan guna menyokong sektor pariwisata seperti menjadikan Bandara Kertajati di Jawa Barat sebagai embarkasi dan debarkasi penerbangan Umroh dan Haji untuk daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selain itu, pembangunan sejumlah infrastruktur juga dilakukan untuk mendukung pariwisata, seperti pembangunan Bandara Baru di Yogyakarta (YIA), Lombok untuk menyambut event Moto GP, Labuan Bajo dan Manado.

”Kami juga membangun di Bali yang masih menjadi pusat destinasi pariwisata di Indonesia, dengan membangun Pelabuhan di Sanur dan Nusa Penida dan merencanakan membangun Bandara di Bali Utara,” imbuhnya.

 

Share :

Tingkatkan Efektivitas dan Produktivitas Pengiriman Barang, Iveco dan Alpega Jalin Kerja Sama

Iveco melihat kerja sama dengan perusahaan perangkat lunak logistik dapat mengoptimalkan produktivitas di tiap pengangkutan barang.

Read More
Pertamina Tambah 2 Pertashop di Sumatera Barat

Penambahan ini dilakukan untuk menambah ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Sumatera Barat.

Read More
Dianggap Berhasil Jaga Reputasi Perusahaan, Adira Finance Sabet 2 Penghargaan

Adira Finance berhasil menyabet dua penghargaan di ajang “Corporate Image Award 2021”.

Read More