Jakarta, MobilKomersial.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi apresiasi peningkatan pemeriksaan angkutan barang melalui Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau jembatan timbang. 

Menurut Menhub, Selama Januari-April 2021, lima jembatan timbang (Balonggandu, Losarang, Kemang, Gentong dan Tomo) sebanyak 54.992 telah diperiksa oleh jembatan timbang. Dari jumlah tersebut, ditemukan 20.620 kendaraan yang melanggar atau sebanyak 38%. 

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, bulan Januari-Desember 2020, hanya memeriksa 63.776. Dari pemeriksaan tersebut, hanya ditemukan 36.208 pelanggaran atau sebanyak 57%. 

Baca juga: Indonesia Bebas ODOL Tahun 2023, Ditjen Hubdat Bakal Benahi Regulasi dari Hulu

”Tahun lalu diperiksa 60 ribu kendaraan. Tahun ini dalam waktu empat bulan sudah diperiksa 50 ribu kendaraan. Di akhir tahun bisa mencapai 150 ribu kendaraan yang diperiksa, dan ada kenaikan dua kali lipat. Artinya rekan-rekan telah bekerja lebih produktif,” kata Menteri Budi seusai meninjau Jembatan Timbang di Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Selama ini, fungsi utama dari unit yang berada di bawah pengelolaan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan ini adalah untuk mengontrol pergerakan arus barang atau logistik. Kesesuaian masa kendaraan dengan muatan akan menentukan keselamatan dan keamanan berkendara. 

Menhub berharap, pelaku logistik dapat lebih taat berkendara dan tidak melanggar dengan melakukan praktik overdimensi dan overload (ODOL). Karena, menurut Menhub, keselamatan angkutan barang sangat bergantung dari ketaatan menaati regulasi ODOL.

Baca juga: KNKT Soroti Kasus Kecelakaan Akibat Truk Over Load

Menhub mengklaim, selain menegakkan hukum secara intensif, pihaknya juga melakukan pendekatan persuasif agar semua pihak mematuhi regulasi yang telah ditentukan.  

”Apabila semua taat, maka tidak perlu kita melakukan transfer muatan, melakukan tilang, bahkan melakukan kegiatan yang lebih dari itu,” tegasnya.

 

Share :

Simak 6 Target First Automobile Work (FAW) Hingga 2025

FAW akan mengembangkan diri menjadi penyedia layanan mobilitas kelas dunia dan ramah lingkungan pada tahun 2025.

Read More
Kenworth Tawarkan Sistem Diagnostik Truk Jarak Jauh, Cegah Kerusakan Sejak Dini

Kenworth tawarkan kemudahan pengolahan truk jarak jauh dengan menghadirkan TruckTech+ Remote Diagnostik.

Read More
Kerjasama dengan Walkinshaw Performance, VW Amarok W580X Hadir di Australia

Volkswagon (VW) telah mempersiapkan kendaraan generasi terbaru, Amarok W580X

Read More