Jakarta, MobilKomersial.com – Ban merupakan salah satu aspek keselamatan kendaraan. Ban juga menentukan performa, keamanan dan kenyamanan kendaraan. Lalu ban seperti apa yang nyaman digunakan untuk aktivitas berkendara sehari-hari? 

Selama ini terdapat bermacam-macam pola telapak ban. Namun yang paling umum diketahui ada tiga pola telapak ban, yakni: simetris, asimetris dan directional. Ketiga ban tersebut memiliki karakter dari sisi kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Mengutip dari laman resmi Dunlop, pemilik kendaraan yang banyak beraktivitas di jalan kota disarankan untuk menggunakan ban berpola simetris agar nyaman. Pola ini adalah yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan pola lainnya di hampir semua jenis kendaraan. 

Baca juga: Ternyata Mudah! Begini Cara Membaca Kode di Ban Mobil

Ciri-ciri dari tapak ban simetris dapat dilihat dari tampilannya. Karena terdapat pola-pola yang bentuknya sama dan mengelilingi di kedua sisi ban. Pola ini nampak sebangun, baik dari sisi dalam dan luar ban. Pola simetris dapat ditarik garis yang membentuk ke satu arah. 

Tentu tidak mengherankan apabila pola telapak ban ini paling banyak digunakan. Karena, pola ini dianggap mampu mendukung pengendara mengemudikan kendaraan dengan baik karena memiliki daya cengkram yang lebih erat di aspal jalan.

Baca juga: 3 Hal Penting dalam Memilih Jasa Vulkanisir Ban

Selain itu, bentuk pola yang seperti gelombang dinilai efektif membuang air sehingga ban kuat menapak di jalanan. Cengkraman telapak yang kuat mampu memecah air hingga menyebar dan meminimalisasi gangguan aquaplaning saat mobil melaju di jalan yang basah. 

Baca juga: Dunlop Shop Pertama di Papua Resmi Berdiri

next> 

Share :

Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
Kerja di Rumah Lagi, Coba Bersihkan Air Flow Sensor Biar Kinerja Mesin Mobil Optimal

Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sensor elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke dalam mesin.

Read More
Perhatikan Baik-baik Bahaya Membawa Muatan Berlebih pada Mobil Pikap

Penggunaan mobil pikap sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Read More