Namun, patut diperhatikan kode bayar berlaku selama maksimal 2 jam, apabila belum dilakukan pembayaran dalam rentang waktu tersebut, maka Anda harus melakukan pendaftaran ulang.

Setelah melakukan pembayaran wajib pajak akan dikirimi E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) oleh pihak Samsat. E-TBPKP ini berlaku selama 30 hari sejak hari pembayaran.

Dalam rentang waktu tersebut, Anda harus datang ke kantor Samsat terdekat untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau struk pembayaran. 

Selain melalui aplikasi ini, Anda pun dapat membayar pajak kendaraan online melalui internet banking atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Dengan cara ini Anda sebagai pemilik mobil pun semakin dipermudah untuk melakukan kewajiban membayar pajak.

Simak juga : Terus Menerus Isi BBM Dalam Keadaan Tangki Kosong Ternyata Bakal Jadi Masalah Lho...

Pembayaran Melalui Minimarket

Cara lebih mudah pun bisa Anda manfaatkan dengan membayarkan pajak melalui minimarket (Indomaret atau Alfamart). Prosedurnya sama yaitu menyerahkan STNK dan KTP asli, dilanjutkan pendataan dari kasir seperti NIK, nopol, nomor mesin dan nomor telepon.

Setelah itu muncul nominal yang harus dibayarkan dan Anda bakal mendapatkan bukti pembayaran serta SMS bitly berisi ERI (Electronic Registration and Identification). Klik SMS tadi, maka akan muncul gambar E-TBPKP yang dilengkapi dengan barcode (QR code). Ini menjadi tanda bukti pelunasan pajak kendaraan dan bukti pengesahan STNK yang bisa disimpan atau dicetak. 

Lembar atau QR Code ini membuat Anda sebagai pemilik kendaraan tidak tidak perlu balik ke Samsat lagi untuk mencetak TBPKP. Hasil Print out e-TBPKP ini sah di Kepolisian sekalipun mencetak sendiri di rumah.

Dengan banyaknya pilihan untuk membayar pajak kendaraan ini, maka Anda sebagai pemilik kendaraan semakin dimudahkan. Tidak perlu repot-repot menggunakan calo atau mengantri di kantor Samsat. 

Share :

Mengemudi dengan Teknik Eco Driving Bikin Irit BBM, Begini Caranya

Eco Driving dinilai mampu menghemat waktu dan biaya, aman, serta ramah lingkungan.

Read More
Dua Cara Sederhana Pertahankan Harga Jual Kembali Mobil Tetap Tinggi

Secara umum, ada dua cara sederhana untuk mempertahankan harga jual kembali mobil kita agar lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasarannya.

Read More
Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler