Jakarta, MobilKomersial.com – Jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) setelah masa pelarangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat jumlah penumpang bus AKAP di tiga terminal tipe A di bawah pengelolaan BPTJ mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Kepala BPTJ Polana B Pramesti meyebutkan, pada tanggal 18-21 Mei 2021 terjadi kenaikan penumpang di Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Baranangsiang Bogor. Sementara untuk Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan tidak terjadi kenaikan penumpang. 

Menurut Polana, kenaikan jumlah pengguna layanan AKAP sebesar 8,87% di Terminal Baranangsiang Bogor. Ia juga mengungkapkan, pada hari-hari biasa seperti pada bulan Januari sampai dengan Maret rata-rata per hari Terminal Baranangsiang melayani penumpang sekitar 203 orang. 

Baca juga: Terminal Bus AKAP di DKI Kembali Beroperasi, 7.000-an Penumpang Dites Covid-19

”Pasca masa peniadaan mudik, Terminal Baranangsiang tercatat melayani sebanyak 221 penumpang rata-rata per hari. Di Terminal Baranangsiang Bogor, setidaknya terdapat 24 PO yang beroperasi melayani AKAP,” ungkap Polana, dilansir dari laman resmi BPTJ, Selasa (25/5/2021). 

Lain halnya dengan Terminal Poris Plawad Tangerang. Terminal ini, kata Polana, mengalami peningkatan sekitar 74%. Apabila pada waktu normal, lanjut Polana, rata-rata setiap hari melayani penumpang sekitar 446 orang. 

”Selepas masa peniadaan mudik Terminal Poris Plawad rata-rata melayani sejumlah 776  penumpang per hari dengan tujuan Padang dan Madura. Untuk jumlah PO yang terdapat di Poris Plawad sebanyak 78 perusahaan,” ujar Polana.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang KRL di Tanggal 15-16 Mei 2021, BPTJ Sediakan Bus Alternatif, Catat Jadwalnya

Kemudian di Terminal Terminal Jatijajar Depok setiap hari rata-rata melayani penumpang AKAP sekitar 324 orang. Sementara setelah berakhirnya masa peniadaan mudik setidaknya rata-rata per hari terdapat pengguna layanan angkutan AKAP di terminal ini sebanyak 519 penumpang. 

”Dengan demikian kenaikan penumpang yang berangkat melalui Terminal Jatijajar Depok pada periode ini tercatat kurang lebih sebesar 60% dengan tujuan ke Ponorogo dan Bojonegoro, Yogyakarta dan Pekalongan. Adapun untuk jumlah PO yang terdapat di Terminal Jatiajar ini sebanyak 48 perusahaan,” jelas Polana.  

 

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More