Jakarta, MobilKomersial.com - Perum Damri berkomitmen mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan konversi bus listrik. 

Hal tersebut sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Damri melakukan konversi bus listrik yang dimulai dengan proses tahap awal berupa pelepasan bodi dan mesin bus untuk dilakukan pengkajian bersama mitra kerja sejak April 2021 di Pool-nya Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Pupar, Jakarta Timur. 

Rencananya tahapan uji coba akan dijalankan pada Agustus 2021 mendatang.

Baca juga : Bayar Tiket Bus Damri Kini Bisa di Indomaret, Lihat Caranya

Selain konversi bus, Damri juga melakukan kerjasama operasi bersama mitra kerja lainnya melalui program uji coba bus listrik. 

Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui karakteristik operasional dan kebutuhan kapasitas baterai.

Damri berkomitmen utnuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20% populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025. 

"Damri berharap program konversi bus listrik ini dapat menjadi percontohan di sejumlah kota besar di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali," sebut sebuah pernyataan tertulis di laman resminya, Senin (24/3/5/2021).

Simak juga : Kini Naik Bus Damri di Bandung Bisa Bawa Sepeda, Lihat Rute dan Tarifnya

Kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle bisa menjadi preferensi bagi Indonesia menjadi negara pengekspor kendaraan listrik. 

Indonesia telah memiliki Pelabuhan Patimban yang sangat terbuka bagi pengembangan industri kendaraan listrik karena memiliki car terminal yang memang diprioritaskan untuk aktivitas ekspor atau antarkota. 

Share :

London Hadirkan 200 Unit Bus Double Decker Bertenaga Hidrogen

Bus tingkat hidrogen baru ini disebut akan menjadi yang pertama di Inggris dengan nol emisi gas buang dan minim getaran.

Read More
Bus Listrik Avenue EV Siap Diproduksi Massal

Bus listrik Avenue EV siap diproduksi massal oleh perusahaan otomotif asal Turki, Temsa – sebuah usaha dari Sabancı Holding dan PPF Group yang berbasis di Belanda – dan raksasa pertahanan Turki Aselsan.

Read More
473 Unit Bus Nefaz Laris Manis Diborong BUMN Mosgortrans

Pabrikan mobil asal Rusiaini kebanjiran order bus dari Mosgortrans.

Read More