Jakarta, MobilKomersial.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan bahwa semua terminal bus antarkota antarprovinsi (AKAP) telah kembali beroperasi normal mulai Selasa (18/5/2021).

Terminal bus AKAP yang kembali dibuka setelah ditutup saat masa larangan mudik yaitu Pulogebang, Kalideres, Kampung Rambutan dan Tanjung Priok.

"Mulai 18 Mei 2021 ini, Terminal Kampung Rambutan dan Tanjung Priok sudah beroperasi normal," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo seperti dikutip dari Antara, Senin (17/5).

Meski demikian, para penumpang bus AKAP nantinya akan tetap diminta menunjukkan surat bebas COVID-19. Syafrin mengatakan pihaknya akan meminta penumpang AKAP yang tidak memiliki surat bebas Corona menjalani tes menggunakan GeNose.

Baca juga : Larangan Mudik, DPP Organda: Pemasangan Stiker Jadi Langkah Solutif dan Terukur

Syafrin menjelaskan, pihaknya juga menggelar pemeriksaan Covid-19 di dua terminal angkutan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang beroperasi selama larangan mudik, yakni Pulogebang dan Kalideres. 

"Tercatat, dari 7.028 penumpang yang dites COVID-19, ada 70 di antaranya reaktif. negatif 6.958 orang," kata Syafrin melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/5).

Menurut dia, data tersebut merupakan akumulasi penumpang yang dites melalui rapid antigen dan GeNose.

Simak juga : Terminal Kalideres Siapkan 6 Unit Bus Buat Pemudik Positif Covid-19

Dia kemudian memerinci ada 5.751 penumpang menjalani rapid antigen, 23 dinyatakan reaktif. Kemudian, 1.277 orang dites GeNose, 47 orang di antaranya reaktif.

Lebih lanjut Syafrin mengatakan terjadi lonjakan jumlah penumpang secara signifikan pada empat terminal AKAP tipe A di DKI setelah periode larangan mudik pada 18 Mei 2021.

"Penumpang datang 3.901 penumpang, naik 13.080 persen dibandingkan pada 6 Mei 2021 sebanyak 25 penumpang. Penumpang berangkat 1.918 penumpang, naik 2.592 persen dibandingkan tanggal 6 Mei 2021 sebanyak 49 penumpang," jelasnya.

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler