Jakarta, MobilKomersial.com – Punya mobil tapi tak dapat mudik lebaran tahun ini? Jangan khawatir, karena Suzuki memberikan empat tips sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat mobil anda. Apabila sering melakukan hal ini, kondisi kendaraan akan semakin membaik sehingga tidak perlu sering dibawa ke bengkel. 

Berikut tips sederhana dari Suzuki untuk merawat mobil anda di rumah: 

Rutin Membersihkan Mobil

Agar nyaman berkendara, pemilik mobil perlu melakukan pembersihan eksterior dan interior mobil penting untuk menjaga kendaraan agar selalu tampil bersih. Kendaraan perlu dicuci minimal dua kali dalam satu bulan. Hal penting yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan barang-barang yang tidak digunakan dan membuang sampah di dalam mobil. 

Baca juga: Begini Cara Cek Fluida pada Ruang Mesin Biar Mobil Terawat

Selain itu, ketika mencuci mobil perlu menggunakan sabun dan lap khusus mobil agar tidak merusak cat. Kemudian yang tidak kalah penting adalah menghindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari agar cat mobil tetap awet.

Rutin Memanaskan Mobil

Pemilik kendaraan perlu memanasi mesin mobil dua kali sehari selama 5-10 menit meski tidak melakukan perjalanan. Hal ini penting dilakukan agar oli kendaraan dapat tersirkulasi dengan baik.  

Pengecekan Komponen Mobil

Sembari memanasi mesin dengan menghidupkannya, pemilik kendaraan juga perlu memastikan semua indikator tetap dalam kondisi baik. Apabila terdapat indikator komponen bermasalah yang menyala di Multi-Information Display (MID) segera dilakukan perbaikan atau dibawa ke bengkel. Komponen lain yang juga perlu diperiksa secara manual adalah air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Baca juga: Tips Menjaga Performa Mobil Tetap Optimal dan Bisa Menghemat BBM

Bawa Mobil Berkendara

Membiarkan mobil terlalu lama tanpa memanasi mesinnya atau memakai mobil itu berkendara dengan harapan agar mobil lebih awet adalah hal yang kurang tepat. Pemilik mobil perlu sesekali membawa mobil berkendara setidaknya 10 menit setiap dua hingga tiga hari. Memakai mobil berjalan-jalan perlu dilakukan agar pengisian aki berjalan dengan optimal. 

Aki mobil yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih baik. Hal ini penting dilakukan agar aki tidak soak dan merusak program ECU. Memakai kendaraan sekitar sepuluh menit penting dilakukan agar dapat menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter. 

Memanasi kendaraan juga penting dilakukan untuk menghindari terjadinya flat spot atau deformasi ban yang disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

 

Share :

Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
Kerja di Rumah Lagi, Coba Bersihkan Air Flow Sensor Biar Kinerja Mesin Mobil Optimal

Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sensor elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke dalam mesin.

Read More
Perhatikan Baik-baik Bahaya Membawa Muatan Berlebih pada Mobil Pikap

Penggunaan mobil pikap sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Read More