Jakarta, MobilKomersial.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan agar Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan memperketat pemeriksaan dokumen kesehatan di hari terakhir masa pelarangan mudik yang jatuh pada hari ini, Senin (17/5/2021). 

Ketentuan syarat perjalanan penumpang dalam negeri akan kembali mengacu pada Addendum SE Satgas no 13. Pelaku perjalanan udara, laut, kereta api dan penyeberangan wajib menunjukkan dokumen negatif covid yang berlaku 1x24 jam.

Sedangkan pelaksanaan tes acak Rapid Antigen untuk angkutan umum dan kendaraan pribadi (R4 dan R2) yang menuju Jabodetabek akan diperpanjang. Kemenhub meninai, upaya tersebut dapat mencegah potensi lonjakan kasus positif Covid 19 sebagai dampak perjalanan paska lebaran yang masih akan berlangsung dalam seminggu ke depan.

Baca juga: Penyekatan dan Screening Arus Balik Diperpanjang Sampai 24 Mei 2021

”Hal ini mempertimbangkan masih besarnya potensi mobilitas yang dilakukan pasca tanggal 17 Mei 2021 khususnya yang berasal dari Sumatra dan Jawa Tengah, Jawa Barat serta Jawa Timur yang masuk ke Jawa atau Jabodetabek,” kata Budi Karya, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, Menhub mengklaim pasca pelarangan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021 terjadi penurunan mobilitas penumpang di semua moda hingga 84%. Namun, bukannya turun, kasus kasus Covid-19 di Sumatra justru beberapa minggu terakhir dan berujung dilakukan pengetatan pengawasan Pelabuhan Bakauheni. 

Baca juga: Inilah Hasil Penyekatan Kakorlantas Polri di Momen Pelarangan Mudik 2021

Peningkatan inilah yang kemudian menjadi alasan Menhub memperketat pemeriksaan dokumen kesehatan dan memperpendek masa berlaku rapid tes Antigen menjadi 1x24 jam. Selain itu, penumpang diminta melakukan tes secara mandiri lebih awal di daerah asalnya untuk menghindari penumpukan di pelabuhan.

Dengan adanya pengetatan pemeriksaan ini diharapkan masyarakat yang masuk ke Jawa terutama dari wilayah yang terindikasi kenaikan kasus Covid, tidak berpotensi mengakibatkan penularan.

 

 

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More