Jakarta, MobilKomersial.com – Meski kebijakan larangan mudik telah diberlakukan beberapa waktu lalu, namun pihak kepolisian tetap melakukan screening dan penyekatan di arus balik ketika mudik usai. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, kegiatan penyekatan dan screening akan diperpanjang hingga tanggal 24 Mei 2021. Tidak menutup kemungkinan hasil evaluasi dari jumlah pemudik Lebaran 2021 bakal membuat petugas kembali memperpanjang masa penyekatan larangan mudik sampai waktu yang ditentukan.

Agar proses screening berjalan dengan baik, pihak kepolisian menggelar 19 titik pemeriksaan mulai dari Jawa Timur hingga Banten. Kendaraan yang telah diperiksa dan dinyatakan aman bakal diberikan barcode agar tidak dapat dipalsukan. 

Baca juga: Inilah Hasil Penyekatan Kakorlantas Polri di Momen Pelarangan Mudik 2021

Menurut Sambodo, pihaknya menyadari bila larangan mudik akan selesai tanggal 18 nanti. Namun, menurut dia, jumlah orang yang kembali menuju Jakarta bakal meningkat pesat. Selain itu, kendaraan tak berstiker bakal diperiksa secara random. 

”Jadi kalau isinya lima orang, nanti dua orang kita periksa. Kalau dia ada yang reaktif, maka semuanya akan kita bawa ke Wisma Atlet. Walaupun yang diperiksa cuma dua orang tapi salah satu di antara keduanya ini ada yang reaktif, semuanya kita bawa ke Wisma Atlet untuk dilakukan test PCR,” jelas Kapolda Metro Jaya.

Baca juga: Waspada! Jalur Truk Besar Bakal Dialihkan Selama Arus Balik, Pemudik Harus Menunjukkan Hasil Swab

Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pendataan warga yang pulang mudik Lebaran 2021. Pendataan tersebut dilakukan melalui situs datawarga-dukcapil.jakarta.go.id. Menurut dia, pendataan sudah mulai dilakukan pada (15/5/2021). Berdasarkan jumlah yang didata tersebut 16 orang di antaranya sudah melakukan tes Covid-19.

”Mulai kemarin (pendataan), kalau data per pagi ini, jam 07.00 WIB, totalnya 1.124 warga, jumlah warga DKI 887 dan warga non-DKI 237 orang. Yang tidak ada hasil swab, nanti akan ditindaklanjuti. Jadi, kita minta mendata dulu, baru akan discreening. Ini nanti kita bekerja sama dengan Puskesmas dan kelurahan,” pungkasnya.

 

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More